*•••⊰✿ৡৢ˚❁ ٦ ربيع الثاني ١٤٤٦ هـ ❁˚ৡ✿⊱•••*
─═हই• ⃟ ⃟ •⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓
•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱• | ꩇׁׅ݊ꫀׁׅܻꪀׁׅ꯱ׁׅ֒hׁׅ֮ᨵׁׅᥣׁׅ֪ɑׁׅ֮tׁׅꪱׁׅ յׁׅꫀׁׅܻꪀׁׅɑׁׅ֮zׁׅ֬ɑׁׅ֮hׁׅ֮ ᨮ꫶ׁׅ֮ɑׁׅ֮ꪀׁׅᧁׁ ϐׁׅ֒ꫀׁׅܻꭈׁׅɑׁׅ֮ժׁׅ݊ɑׁׅ֮ ժׁׅ݊ɑׁׅ֮ᥣׁׅ֪ɑׁׅ֮ ꩇׁׅ݊ ℘ꫀׁׅܻtׁׅꪱׁׅ ɑׁׅ֮tׁׅɑׁׅ֮υׁׅ ƙׁׅ֑ꫀׁׅܻꭈׁׅɑׁׅ֮ꪀׁׅժׁׅ݊ɑׁׅ֮ ᨮ꫶ׁׅ֮ɑׁׅ֮ꪀׁׅᧁׁ ժׁׅ݊ꪱׁׅƙׁׅ֑υׁׅꪀׁׅᝯׁꪱׁׅ ɑׁׅ֮tׁׅɑׁׅ֮υׁׅ ժׁׅ݊ꪱׁׅ℘ɑׁׅ֮ƙׁׅ֑υׁׅ ժׁׅ݊ɑׁׅ֮ꪀׁׅ ꯱ׁׅ֒hׁׅ֮ᨵׁׅᥣׁׅ֪ɑׁׅ֮tׁׅ յׁׅꫀׁׅܻꪀׁׅɑׁׅ֮zׁׅ֬ɑׁׅ֮hׁׅ֮ ժׁׅ݊ꪱׁׅ ꩇׁׅ݊ɑׁׅ֮꯱ׁׅ֒յׁׅꪱׁׅժׁׅ݊ ժׁׅ݊ꪱׁׅᥣׁׅ֪υׁׅɑׁׅ֮ꭈׁׅ ꩇׁׅ݊ɑׁׅ֮꯱ׁׅ֒յׁׅꪱׁׅժׁׅ݊ ɑׁׅ֮tׁׅɑׁׅ֮υׁׅ ժׁׅ݊ꪱׁׅɑׁׅ֮tׁׅɑׁׅ֮꯱ׁׅ֒ ƙׁׅ֑υׁׅϐׁׅ֒υׁׅꭈׁׅɑׁׅ֮ꪀׁׅ
┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱• ⃟ ⃟ •ইह═─
❂⊱•AL HADITS
Ulama' berbeda pendapat tentang bolehnya mensholati jenazah didalam masjid.
ইह═Imam Abu Hanifah dan Imam Malik MEMAKRUHKAN shalat jenazah didalam masjid dengan berlandaskan hadits :
حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ، وَيَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، قَالَا: أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ صَالِحٍ، مَوْلَى التَّوْأَمَةِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
«مَنْ صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ فِي الْمَسْجِدِ، فَلَا شَيْءَ لَهُ».
[رواه أحمد واللفظ له / مسند المكثرين من الصحابة / مسند أبي هريرة رضي الله عنه / رقم الحديث: ٩٨٦٥. وابو داود. وابن ماجة].
Dari Abu Hurairah radliyyAllahu 'anhu, beliau berkata; Rasulullah -ﷺ- bersabda:
"Barangsiapa yang menshalatkan jenazah di masjid, maka ia tidak mendapatkan apa apa."
[HR. Ahmad Teks Miliknya No. 9865. Dan Abu Dawud. Dan Ibnu Majah]
ইह═Imam Syafi'iy, Ahmad, dan Ishaq mengesahkan shalat jenazah didalam masjid berdasarkan hadits :
وَحَدَّثَنِي عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ السَّعْدِيُّ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ وَاللَّفْظُ لِإِسْحَقَ قَالَ عَلِيٌّ حَدَّثَنَا وَقَالَ إِسْحَقُ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ عَبْدِ الْوَاحِدِ بْنِ حَمْزَةَ عَنْ عَبَّادِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ :
«أَنَّ عَائِشَةَ أَمَرَتْ أَنْ يَمُرَّ بِجَنَازَةِ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ فِي الْمَسْجِدِ فَتُصَلِّيَ عَلَيْهِ فَأَنْكَرَ النَّاسُ ذَلِكَ عَلَيْهَا فَقَالَتْ مَا أَسْرَعَ مَا نَسِيَ النَّاسُ مَا صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ -ﷺ- عَلَى سُهَيْلِ بْنِ الْبَيْضَاءِ إِلَّا فِي الْمَسْجِدِ».
[رواه مسلم / كتاب الجنائز / باب الصلاة على الجنازة في المسجد / رقم الحديث: ٩٧٣].
Dari Abbad bin Abdullah bin Zubair : bahwa 'Aisyah radliyaAllahu 'anha menyuruh orang-orang agar membawa jenazah Sa'd bin Abu Waqash ke Masjid untuk dishalatkan di situ. Tetapi mereka tidak mengindahkan perintah tersebut, maka Aisyah pun berkata, "Alangkah cepatnya orang lupa, bahwa Rasulullah -ﷺ- pernah menshalatkan Suhail bin Baidla` di Masjid."
[HR. Muslim No. 973]
ইह═Boleh sholat jenazah diatas kuburan mayyit jika tertinggal mensholatinya mengenai waktu tertinggal atau terlambatnya, ulama berbeda pendapat mulai terlambat dari 3 hari sampai selamanya
حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ وَمُسَدَّدٌ قَالَا حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَبِي رَافِعٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ:
«أَنَّ امْرَأَةً سَوْدَاءَ أَوْ رَجُلًا كَانَ يَقُمُّ الْمَسْجِدَ فَفَقَدَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَ عَنْهُ فَقِيلَ مَاتَ فَقَالَ أَلَا آذَنْتُمُونِي بِهِ قَالَ دُلُّونِي عَلَى قَبْرِهِ فَدَلُّوهُ فَصَلَّى عَلَيْهِ».
[رواه البخاري/ وابو داود واللفظ له / ٢٠ - كتاب الجنائز / باب الصلاة على القبر / رقم الحديث : ٣٢٠٣]
Dari Abu Hurairah radliyyAllahu 'anhu:
Bahwa seorang wanita hitam atau seorang laki-laki yang menyapu dan membersihkan masjid, kemudian Nabi -ﷺ- kehilangan dirinya, lalu beliau menanyakannya. Kemudian dikatakan; ia telah meninggal. Maka beliau berkata:
"Tidakkah kalian memberitahukan kepadaku?" Beliau berkata: "Tunjukkan kepadaku kuburannya!" kemudian mereka menunjukkannya kepada beliau dan beliau menshalatkannya.
[HR. Bukhoriy. Dan Teks Milik Abu Daud]
❁˚ৡ✿⊱•Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqolaniy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Fathu Al Bariy Syarhu Shohih Al Bukhariy (Juz. 1 Hal. 553):
وَفِي الْحَدِيثِ فَضْلُ تَنْظِيفِ الْمَسْجِدِ، وَالسُّؤَالِ عَنِ الْخَادِمِ وَالصَّدِيقِ إِذَا غَابَ.
وَفِيهِ الْمُكَافَأَةُ بِالدُّعَاءِ وَالتَّرْغِيبُ فِي شُهُودِ جَنَائِزِ أَهْلِ الْخَيْرِ وَنَدْبُ الصَّلَاةِ عَلَى الْمَيِّتِ الْحَاضِرِ عِنْدَ قَبْرِهِ لِمَنْ لَمْ يُصَلِّ عَلَيْهِ ، وَالْإِعْلَامُ بِالْمَوْتِ .
[انظر كتاب فتح الباري بشرح البخاري : (ج ١ ص ٥٥٣) / ٨ - كتاب الصلاة / ٧٣ - باب تحريم تجارة الخمر في المسجد / المؤلف: أحمد بن علي بن حجر العسقلاني الشافعي (٧٧٣ - ٨٥٢ هـ) / الناشر: المكتبة السلفية - مصر، الطبعة: «السلفية الأولى»، ١٣٨٠ - ١٣٩٠ هـ].
Hadits tersebut menyebutkan keutamaan membersihkan masjid, dan menanyakan tentang seorang khodim (Petugas Kebersihan, atau teman jika dia tidak hadir.
Didalam hadits juga mengandung makna : Memberikan penghargaan dengan doa dan dorongan untuk menjadi saksi mayyit orang baik DAN ANJURAN SHOLAT JENAZAH PADA MAYYIT YANG HADIR (DITEMPAT), DIATAS KUBURANNYA BAGI YANG BELUM MENSHOLATINYA, dan bolehnya mengumumkan kematian seseorang. Selesai.
❂⊱•AQWALUL ULAMA'
1]• Syafi'iyyah
Hukumnya diperinci :
i)• Bila dishalati di dalam masjid maka mutlak sah, yakni baik peti itu dikunci atau tidak.
ii)• Bila dishalati diselain masjid, maka jika petinya dikunci/dipaku tidak sah. Dan sah jika petinya hanya ditutup/diikat.
Demikian juga menshalati mayat yang ada di dalam keranda; apabila di
shalati di masjid, maka sah secara mutlak. Dan apabila di selain masjid;
bila kerandanya dikunci atau dipaku maka shalatnya tidak sah, dan bila
hanya ditutup juga sah.
❁˚ৡ✿⊱•Syaikh Sulaiman Al Jamal Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Hasyiyyah Al Jamal = Futuhatu Al Wahhab Bitaudlihi Syarhi Manhaju Ath Thulab (Juz. 2 Hal. 180):
وَحَاصِلُ الْمُعْتَمَدِ فِي غِطَاءِ النَّعْشِ أَنَّهُ لَا يَضُرُّ فِي الْمَسْجِدِ مُطْلَقًا وَإِنْ سُمِّرَ وَفِي غَيْرِهِ لَا يَضُرُّ إلَّا إنْ سُمِّرَ فَلَا يَضُرُّ الرَّبْطُ بِالْحِزَامِ. انتهى
[انظر كتاب حاشية الجمل = فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب : (ج ٢ ص ١٨٠) / فصل في صلاة الميت / شروط صحة صلاة الجنازة / المؤلف: سليمان بن عمر بن منصور العجيلي الأزهري الشافعي، المعروف بالجمل (ت ١٢٠٤هـ) / الناشر: دار الفكر - بدون السنة].
Kesimpulan yang dapat dipegang (mu'tamad) menutup peti jenazah (keranda) didalam masjid tidak membatalkan shalat jenazah sama sekali (secara mutlak), walaupun dipaku sekalipun, dan diselain masjid, tidak membatalkan shalat jenazah, kecuali kerandanya dipaku, dan tidak membatalkan shalat jenazah bilamana kerandanya hanya diikat dengan tali pengikat. Selesai.
Menurut Imam Romli Asy Syafi'iy: Demikian juga tidak sah shalatnya apabila imam berada disuatu tempat, sedangkan antara imam dan makmum terdapat pintu yang dipaku, maka jikalau diantara mereka terdapat pintu yang hanya ditutup tanpa dipaku atau dipaku sebagian papannya sekiranya cukup lebar untuk keluarnya mayyit, maka tetap sah shalatnya.
❁˚ৡ✿⊱•Dalam Kitab (Hasyiyyah Al Jamal = Futuhatu Al Wahhab Bitaudlihi Syarhi Manhaju Ath Thulab (Juz. 2 Hal. 180):
وَفِي ع ش عَلَى م ر مَا نَصُّهُ (فَرْعٌ) قَالَ م ر :
إذَا كَانَ الْمَيِّتُ فِي سِحْلِيَّةٍ مُسَمَّرَةٍ عَلَيْهِ لَا تَصِحُّ الصَّلَاةُ عَلَيْهِ كَمَا لَوْ كَانَ الْإِمَامُ فِي مَحَلٍّ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْمَأْمُومِ بَابٌ مُسَمَّرٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ مُسَمَّرَةً، وَلَوْ بَعْضَ أَلْوَاحِهَا الَّتِي تَسَعُ خُرُوجَ الْمَيِّتِ مِنْهُ صَحَّتْ الصَّلَاةُ. اهـ.
[انظر كتاب حاشية الجمل = فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب : (ج ٢ ص ١٨٠) / فصل في صلاة الميت / شروط صحة صلاة الجنازة / المؤلف: سليمان بن عمر بن منصور العجيلي الأزهري الشافعي، المعروف بالجمل (ت ١٢٠٤هـ) / الناشر: دار الفكر - بدون السنة].
Dalam catatan kaki Syaikh Ali Al-Syubramalsiy, apa yang tercantum dalam Teksnya. (Cabang) Al-Ramli mengatakan:
Jika orang yang meninggal itu berada di dalam peti yang dipaku, maka shalat jenazah atasnya tidak sah, seolah-olah seperti imam berada di suatu tempat dan diantara dia dan makmum ada pintu yang dipaku, jikalau dipaku sebagian papannya sekiranya cukup lebar untuk keluarnya mayyit, maka shalatnya sah. Selesai.
❁˚ৡ✿⊱•Syaikh Muhammad Nawawiy bin 'Umar Al Bantaniy Al Jawiy Al Indonisiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Nihayatu Al Zain Fi Irsyadi Al Mubtadi'in (Hal. 159):
وَأَن لَا يكون بَينهمَا حَائِل وَمحل هذَيْن الشَّرْطَيْنِ فِي الِابْتِدَاء
أما فِي الدَّوَام كَأَن رفعت الْجِنَازَة فِي أثْنَاء الصَّلَاة وَزَاد مَا بَينهمَا على مَا ذكر أَو حَال حَائِل فَلَا يضر لِأَنَّهُ يغْتَفر فِي الدَّوَام مَا لَا يغْتَفر فِي الِابْتِدَاء
نعم لَو كَانَ الْمَيِّت فِي صندوق لَا يضر وَلَو أحرم على الْجِنَازَة وَهِي سائرة صَحَّ بِشُرُوط ثَلَاثَة أَن تكون إِلَى جِهَة الْقبْلَة وَقت التَّحَرُّم وَأَن لَا يكون هُنَاكَ حَائِل حَال التَّحَرُّم وَلَا تشْتَرط الْمُحَاذَاة على الْمُعْتَمد وَأَن لَا تبعد عَنهُ بِأَكْثَرَ من ثَلَاثمِائَة ذِرَاع إِلَى تَمام الصَّلَاة بِخِلَاف مَا إِذا أحرم عَلَيْهَا وَهِي قارة ثمَّ رفعت قبل تَمام الصَّلَاة فَإِن ذَلِك لَا يضر كَمَا تقدم
[انظر كتاب نهاية الزين في إرشاد المبتدئين : (ص ١٥٩) / فصل في الجنائز / المؤلف: محمد بن عمر نووي الجاوي البنتني إقليما، التناري بلدا الاندونيسي الشافعي (ت ١٣١٦هـ) / الناشر: دار الفكر - بيروت، الطبعة: الأولى، بدون السنة].
Dan tidak boleh ada penghalang di antara keduanya, dan tempat kedua kondisi ini ada di awal.
Adapun shalat yang terus menerus, seperti jika jenazah diangkat dimunculkan pada saat shalat, dan ternyata bertambah dari apa yang disebutkan di antara mereka, atau ada seseorang menutupinya, maka tidak membatalkan shalat, karena hal itu diampuni dalam hal yang terus menerus (seperti jenazah diangkat saat shalat), apa yang tidak diampuni pada awalnya.
Benar, kalau jenazahnya di dalam peti, maka tidak mengapa, jika ia masuk takbirotul ihram pada saat pemakaman sedang berlangsung, maka sah dengan tiga syarat: menghadap kiblat pada waktu takbirotul ihram, dan tidak ada penghalang di sana ketika takbirotul Ihrom, dan tidak diwajibkan disejajarkan menurut pendapat yang mu'tamad (dapat dipegang).
Dan tidak boleh berada lebih dari 300 hasta darinya sampai shalatnya selesai, berbeda dengan jika dia takbiratul ihram ketika dia berdiri lalu jenazah diangkat sebelum shalat selesai, maka hal itu tidak membatalkan shalatnya, sebagaimana disebutkan, di atas. Selesai.
❁˚ৡ✿⊱•Syaikh Sulaiman Al Jamal Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Hasyiyyah Al Jamal = Futuhatu Al Wahhab Bitaudlihi Syarhi Manhaju Ath Thulab (Juz. 2 Hal. 180):
وَلَا يَضُرُّ وَضْعُ الْخَشَبَةِ الْمَعْرُوفَةِ عَلَى الْجِنَازَةِ خَارِجَ الْمَسْجِدِ فِي حَالِ الصَّلَاةِ خِلَافًا لِمَا يُفْهَمُ مِنْ ظَاهِرِ م ر وَغَيْرِهِ بِخِلَافِ الِاقْتِدَاءِ خَارِجَ الْمَسْجِدِ فَيَضُرُّ فِيهِ الْبَابُ الْمُغْلَقُ بَيْنَ الْإِمَامِ وَالْمَأْمُومِ وَيُفَرَّقُ بِأَنَّ مِنْ شَأْنِ الْإِمَامِ الظُّهُورَ وَمِنْ شَأْنِ الْمَيِّتِ السِّتْرَ.
[انظر كتاب حاشية الجمل = فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب : (ج ٢ ص ١٨٠) / فصل في صلاة الميت / شروط صحة صلاة الجنازة / المؤلف: سليمان بن عمر بن منصور العجيلي الأزهري الشافعي، المعروف بالجمل (ت ١٢٠٤هـ) / الناشر: دار الفكر - بدون السنة].
Tidak berpengaruh meletakkan kayu pada tumpukan kayu jenazah di luar masjid saat shalat.
Berbeda dengan apa yang difahami dari pengertian Imam Romli dan lainnya, berbeda dengan bermakmum diluar masjid, maka membatalkan shalat didalamnya pintu yang terkunci antara imam dan makmum, dan dibedakan dengan tingkah laku imam yang terlihat, dan dari kondisi mayyit tertutup. Selesai.
❁˚ৡ✿⊱•Syaikh Sayyid Muhammad bin Abdillah Al Jurdaniy Asy Syafi'iy Dalam kitabnya Fathu Al Alam Bisyarhi Mursyidu Al Anam (juz 3 hal 178):
يعلم صحة الصلاة علي الميت الذي يضعونه الأن في صندوق ويسمرون عليه وينقلونه من بلدة الى أخرى
[انظر كتاب فتح العلام بشرح مرشد الأنام في الفقه على مذهب السادة الشافعية : (ج ٣ ص ١٧٨) / حكم الصلاة فيما لو وضع الميت في صندوق مسمر عليه / المؤلف : السيد محمد بن عبد الله الجرداني الدمياطي الشافعي / الناشر: دار ابن حزم - تاريخ الإنشاء: ١٤ أغسطس ٢٠٠٦ مـ].
Diketahui sahnya sholat atas mayyit yang mana mereka meletakkan (memasukkan) mayyit didalam keranda (peti mati) pada zaman sekarang
dan mereka memaku peti mati tersebut , dan juga mereka memindah (mayyit dalam peti mati yang di paku) diantara suatu daerah ke daerah yang lain. Selesai.
2]• Malikiyyah
❁˚ৡ✿⊱•Syaikh Ibnu 'Arofah Ad Dasuqiy Al Malikiy berkata dalam Kitabnya Hasyiyyah Ad Dasuqiy 'Ala Syarhi Al Kabir (Juz. 1 Hal. 423):
(وَ) كُرِهَ (الصَّلَاةُ عَلَيْهِ فِيهِ) أَيْ فِي الْمَسْجِدِ وَالْمَيِّتُ خَارِجَهُ لِئَلَّا يَكُونَ وَسِيلَةً لِإِدْخَالِهِ فِيهِ فَفِي إدْخَالِهِ وَالصَّلَاةِ عَلَيْهِ فِيهِ مَكْرُوهَانِ . انتهى.
[انظر كتاب حاشية الدسوقي على الشرح الكبير : (ج ١ ص ٤٢٣) / فصل أحكام الموتى / زيارة القبور / المؤلف: محمد بن أحمد بن عرفة الدسوقي المالكي (ت ١٢٣٠هـ) / الناشر: دار الفكر - بدون السنة].
Dimakruhkan mensholatkannya di masjid, yaitu di dalam masjid, sedangkan orang yang meninggal berada di luarnya, supaya hal itu tidak menjadi sarana untuk membawanya ke dalam masjid, maka mendatangkannya dan mensholatkannya di dalam masjid dimakruhkan. Selesai.
3]• Hanabillah
❁˚ৡ✿⊱• Imam 'Alauddin Al Murdawiy Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Al Inshof Fi Ma'rifati Ar Rojih Min Al Khilaf (Juz. 2 Hal. 526):
قال في الرعاية الْكُبْرَى: وَلَا تَصِحُّ الصَّلَاةُ عَلَى مَنْ فِي تَابُوتٍ مُغَطَّى، وَقِيلَ: إنْ أَمْكَنَ كَشْفُهُ عَادَةً، وَلَا مِنْ وَرَاءِ جِدَارٍ أَوْ حَائِلٍ غَيْرِهِ، وَقُلْت: يَصِحُّ كالمكبة. انتهى،
[انظر كتاب الإنصاف في معرفة الراجح من الخلاف : (ج ٢ ص ٥٢٦) / كتاب الصلاة / كتاب الجنائز / المؤلف: علاء الدين أبو الحسن علي بن سليمان المرداوي الحنبلي (٧١٧ - ٨٨٥ هـ) / الناشر: مطبعة السنة المحمدية، الطبعة: الأولى، ١٣٧٤ هـ - ١٩٥٥ مـ].
Berkata dalam kitab Al-Ri'ayah Al-Kubra: Tidak sah shalat atas seorang mayyit yang berada dalam peti mati yang tertutup, dan dikatakan: Jika biasanya dapat dibuka, atau dari balik tembok atau pembatas selain itu, dan aku berpendapat: sah seperti didalam semacam buntalan (gelodong, rol). Selesai.
❁˚ৡ✿⊱• Imam Manshur Al Buhuthiy Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Matholib Uli An Nuha Fi Syarhi Ghoyatu Al Muntaha (Juz. 1 Hal. 886):
وَلَا) تَصِحُّ الصَّلَاةُ (عَلَى مَنْ فِي تَابُوتٍ مُغَطًّى) ، فَيَكْشِفُهُ وَيُصَلِّي عَلَيْهَا، (وَقَالَ: ابْنُ حَامِدٍ: يَصِحُّ) أَنْ يُصَلَّى عَلَى مَنْ فِي التَّابُوتِ (كَالْمُكِبَّةِ) وَالْمَذْهَبُ عَدَمُ صِحَّتِهَا فِي التَّابُوتِ، وَتَحْتَ الْمُكِبَّةِ، وَفِي النَّعْشِ الْمُغَطَّى، قَدَّمَهُ فِي " الْفُرُوعِ ". انتهى،
[انظر كتاب مطالب أولي النهى في شرح غاية المنتهى : (ج ١ ص ٨٨٦) / كتاب الجنائز / فصل في الصلاة على الميت / المؤلف: مصطفى بن سعد بن عبده السيوطي شهرة، الرحيبانى مولدا ثم الدمشقي الحنبلي (ت ١٢٤٣هـ) / الناشر: المكتب الإسلامي، الطبعة: الثانية، ١٤١٥هـ - ١٩٩٤مـ].
Tidak sah mensholati jenazah seseorang yang berada dalam peti mati yang tertutup, maka hendaknya ia membuka tutup peti tersebut dan mensholatkannya (Berkata Ibnu Hamid : Sah mensholati jenazah yang berada didalam semisal peti) seperti dalam gelondong (buntalan, rol).
Menurut Madzhab Hanbaliy berpandangan tidak sah sholat jenazah yang jenazahnya berada di dalam peti mati, di bawah gelondong, dan di dalam usungan jenazah yang tertutup (keranda), beliau sebelumya telah menyajikannya dalam kitab “Al-Furu''". Selesai.
✯͜͡❂⊱•أَلحَمْدُ لِلّـهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتُمُّ الصّالِحَاتُ✯͜͡❂⊱•
•._.••´¯``•.¸¸.•` 🎀 Ҡɾąժҽղąղ ʂҽӀąէąղ
Ҡɾąժҽղąղ Ϛɾմʍҍմղց
ⱮąցҽӀąղց لąէҽղց
🎀 `•.¸¸.•``¯´••._.•
٦ ربيع الثاني ١٤٤٦ هـ
09 ໐kt໐๖ēr 2024 ๓
Tidak ada komentar:
Posting Komentar