*•••⊰✿เงกৢ˚❁ ูกูจ ุตููููุฑ ูกูคูคูฆ ูู ❁˚เงก✿⊱•••*
─═เคนเฆ• ⃟ ⃟ •⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓
•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱• | โ๐ธโ๐ธ๐ ๐โ๐๐๐ธ๐ โ๐ผ๐น๐ ๐๐ผ๐๐ธ๐๐ธโ ๐ป๐๐น๐๐๐ธโ ๐โ๐๐ฝ๐ธโ ๐ป๐ผโ๐พ๐ธโ โ๐๐ธ๐ ๐๐ผโ๐๐๐ธ๐ ๐น๐ธ๐๐ธ' ๐ป๐ธโ ๐น๐๐๐ผโ ๐ป๐ผโ๐พ๐ธโ โ๐๐ธ๐๐ธโ ๐โ๐๐๐ธ๐ ๐๐โโ๐ธโ
┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱• ⃟ ⃟ •เฆเคน═─
❂⊱•⊰✯͜͡❂Terkait dengan bulan shofar Rasulullah -๏ทบ- memerintahkan untuk menyelisihi amaliyyah atau adat kebiasaan selain kaum muslimin, seperti menganggap bulan shofar adalah bulan kesialan, dan memerintahkan untuk menambahkan amaliyyah baik yang dilakukan Nabi terdahulu dan kaumnya, dengan alasan bahwa Nabi Muhammad -๏ทบ- adalah Nabi yang lebih pantas melakukan amaliyyah tersebut dan karena derajat Rasulullah -๏ทบ- lebih tinggi dari derajat Nabi mereka dan kaum Nabi Muhammad -๏ทบ- adalah kaum yang lebih baik dari kaum kaum sebelumnya, amaliyyah tersebut seperti amaliyyah puasa Asyuro' (hari ke 10 bulan Muharrom, suro : Jawa) yang dilakukan oleh Nabi Musa alaihissalam dan kaumnya, namun kemudian Nabi -๏ทบ- memerintahkan untuk berpuasa hari sebelumnya yakni puasa tasu'a (hari ke 9 bulan Muharrom).
Perintah untuk menyelisihi orang jahiliyyah atau non muslim semisal agar kaum muslimin tidak mengatakan bahwa merasa sial dengan masuknya bulan Shafar. Menghalalkan bulan Shafar setahun dan mengharamkannya setahun yang lain.
❁˚เงก✿⊱• Imam Ibnu Muflih Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Al Adabu Asy Syar'iyyah Wa Al Manhu Al Mar'iyyyah (Juz. 3 Hal. 368);
ََُُْููููู " َูุง ุตََูุฑَ " َِููู : َูุงُููุง َูุชَุดَุงุกَู َُูู ุจِุฏُุฎُِูู ุตََูุฑَ ََููุงَู ุนََِْููู ุงูุณََّูุงู ُ { َูุง ุตََูุฑَ } ََِูููู : َูุงَูุชْ ุงْูุนَุฑَุจُ ุชَุฒْุนُู ُ ุฃََّู ِูู ุงْูุจَุทِْู ุญََّูุฉً ุชُุตِูุจُ ุงْูุฅِْูุณَุงَู ุฅุฐَุง ุฌَุงู َุนَ َูุชُุคْุฐِِูู َูุฅَِّูู َุง ุชُุนْุฏِู َูุฃَุจْุทََُูู ุงูุดَّุงุฑِุนُ .
ََููุงَู ู َุงٌِูู َูุงَู ุฃَُْูู ุงْูุฌَุงَِِّูููุฉِ ُูุญَُِّููู ุตََูุฑَ ุนَุงู ًุง َُููุญَุฑِّู َُُููู ุนَุงู ًุง .
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูุขุฏุงุจ ุงูุดุฑุนูุฉ ูุงูู ูุญ ุงูู ุฑุนูุฉ : (ุฌ ูฃ ุต ูฃูฆูจ) / ูุตู ูุง ูุงู ุฉ ููุง ุตูุฑ ููุง ููุก ููุง ุบูู / ุงูู ุคูู: ู ุญู ุฏ ุจู ู ููุญ ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ู ูุฑุฌ، ุฃุจู ุนุจุฏ ุงููู، ุดู ุณ ุงูุฏูู ุงูู ูุฏุณู ุงูุฑุงู ููู ุซู ุงูุตุงูุญู ุงูุญูุจูู (ุช ูงูฆูฃูู) / ุงููุงุดุฑ: ุนุงูู ุงููุชุจ - ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
Ungkapan ‘Tidak ada Shafar’, ada yang mengatakan bahwa dahulu orang-orang merasa sial dengan masuknya bulan Shafar. Maka Nabi -๏ทบ- mengatakan, ‘Tidak ada Shafar’.
Ada juga yang berkata : ‘Dahulu orang arab menyangka bahwa di perut ada ular yang menyerang manusia, kalau dia berjimak dan menyakitinya. Dan dia menular, kemudian agama membatalkan keyakinan tersebut.
Imam Malik mengatakan : “Dahulu penduduk jahiliyah menghalalkan bulan Shafar setahun dan mengharamkannya setahun yang lain.” Selesai.
❁˚เงก✿⊱• Imam Ibnu Rojab Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Latho'ifu Al Ma'arif Fima Limawasimi Al 'Aami Min Al Wadzo'ifi (Hal. 74):
ููุงูุช ุทุงุฆูุฉ: ุจู ุงูู ุฑุงุฏ ุจุตูุฑ ุดูุฑ ุซู ุงุฎุชูููุง ูู ุชูุณูุฑู ุนูู ููููู:
(ุฃุญุฏูู ุง): ุฃู ุงูู ุฑุงุฏ ููู ู ุง ูุงู ุฃูู ุงูุฌุงูููุฉ ููุนูููู ูู ุงููุณูุก ููุงููุง ูุญููู ุงูู ุญุฑู ููุญุฑู ูู ุตูุฑ ู ูุงูู ููุฐุง ููู ู ุงูู.
(ูุงูุซุงูู): ุฃู ุงูู ุฑุงุฏ ุฃู ุฃูู ุงูุฌุงูููุฉ ูุงููุง ูุณุชูุดู ูู ุจุตูุฑ ููููููู: ุฅูู ุดูุฑ ู ุดุฆูู ูุฃุจุทู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฐูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ูุทุงุฆู ุงูู ุนุงุฑู ููู ุง ูู ูุงุณู ุงูุนุงู ู ู ุงููุธุงุฆู : (ุต ูงูค) / ูุธููุฉ ุดูุฑ ุตูุฑ / ุงูู ุคูู: ุฒูู ุงูุฏูู ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุจู ุฃุญู ุฏ ุจู ุฑุฌุจ ุจู ุงูุญุณู، ุงูุณูุงู ู، ุงูุจุบุฏุงุฏู، ุซู ุงูุฏู ุดูู، ุงูุญูุจูู (ุช ูงูฉูฅ ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงุจู ุญุฒู ููุทุจุงุนุฉ ูุงููุดุฑ، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคูขูค ูู - ูขู ู ูค ู ู].
Sebagian Ulama' berkata: Sebaliknya yang dimaksud dengan shofar adalah bulan, kemudian mereka berbeda pendapat dalam penafsirannya, menjadi dua pendapat:
(Salah satunya): Yang dimaksud adalah meniadakan apa yang biasa dilakukan masyarakat pra Islam terhadap Nas’i (menjadikan halal sebulan dan mengharamkan bulan tersebut ditahun berikutnya), sehingga mereka biasa menghalalkan Muharram dan sebagai gantinya melarang Safar, dan demikianlah pernyataan Malik.
(Yang kedua): Yang dimaksud adalah bahwa orang-orang pada zaman pra-Islam (jahiliyyah) biasa menganggap buruk dengan datangnya bulan shofar dan mereka berkata: Ini adalah bulan yang sial, tetapi Nabi Muhammad -๏ทบ- membatalkan hal itu. Selesai.
❁˚เงก✿⊱•Termasuk amaliyyah yang dilarang terkait dengan bulan shofar adalah MELAKUKAN SHOLAT REBO WEKASAN DIBULAN SHOFAR/SHOLAT LI DAF'IL BALA' KARENA SEOLAH OLAH DENGAN NIATAN SEPERTI ITU, MENGANGGAP BULAN SHOFAR ADALAH BULAN KESIALAN, SEPERTI ANGGAPAN KAUM JAHILIYYAH. Ada juga yang dilarang dikatakan karena tidak ada dalilnya atau haditsnya bathil, seperti sholat malam rogho'ib (12 rakaat diantara Maghrib dan isya' pada malam diawal Jumat bulan rajab), sholat malam nishfu sya'ban (100 rakaat), sholat Jumat terakhir bulan Romadlon, (17 rokaat dengan niat qodlo sholat lima waktu yang belum diqodloinya), sholat hari Asyuro (10 Muharrom) sebanyak 4 rokaat atau lebih dan sholat usbuu' (mingguan).
KETIDAKBOLEHANNYA TERLETAK PADA NIAT SHOLATNYA SAAT TAKBIROTUL IHROM, seperti dengan shighot : "USHOLLI SUNNATAN LIDAF'IL BALA'I" (saya berniat sholat untuk menolak bencana), atau "USHOLLI SUNNATAN LI YAUMIL ARBI'A AKHIROS SHOFARI" (saya niat sholat Rabu wekasan dibulan Shofar).
❁˚เงก✿⊱•Adapun jika sholat di malam rebo terakhir bulan shofat adalah sholat sunnah biasa seperti sholat hajat, sholat istikhoroh, sholat tahajjud, sholat sunnah mutlaq dan sebagainya, maka tidaklah menjadi persoalan atau dilarang.
❁˚เงก✿⊱• Syaikh Zainuddin Al Malibariy Al Hindiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Fathul Mu'in (Hal. 170):
ูุงุฆุฏุฉ: ุฃู ุง ุงูุตูุงุฉ ุงูู ุนุฑููุฉ ูููุฉ ุงูุฑุบุงุฆุจ ููุตู ุดุนุจุงู ูููู ุนุงุดูุฑุงุก ูุจุฏุนุฉ ูุจูุญุฉ ูุฃุญุงุฏูุซูุง ู ูุถูุนุฉ.
ูุงู ุดูุฎูุง: ูุงุจู ุดุจูุฉ ูุบูุฑู ูุฃูุจุญ ู ููุง ู ุง ุงุนุชูุฏ ูู ุจุนุถ ุงูุจูุงุฏ ู ู ุตูุงุฉ ุงูุฎู ุณ ูู ุงูุฌู ุนุฉ ุงูุฃุฎูุฑุฉ ู ู ุฑู ุถุงู ุนูุจ ุตูุงุชูุง ุฒุงุนู ูู ุฃููุง ุชููุฑ ุตููุงุช ุงูุนุงู ุฃู ุงูุนู ุฑ ุงูู ุชุฑููุฉ ูุฐูู ุญุฑุงู .
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ูุชุญ ุงูู ุนูู ุจุดุฑุญ ูุฑุฉ ุงูุนูู ุจู ูู ุงุช ุงูุฏูู (ูู ุดุฑุญ ููู ุคูู ุนูู ูุชุงุจู ูู ุงูู ุณู ู ูุฑุฉ ุงูุนูู ุจู ูู ุงุช ุงูุฏูู) : (ุต ูกูงู ) / ุจุงุจ ุงูุตูุงุฉ / ูุตู ูู ุตูุงุฉ ุงูููู / ุงูู ุคูู: ุฒูู ุงูุฏูู ุฃุญู ุฏ ุจู ุนุจุฏ ุงูุนุฒูุฒ ุจู ุฒูู ุงูุฏูู ุจู ุนูู ุจู ุฃุญู ุฏ ุงูู ุนุจุฑู ุงูู ููุจุงุฑู ุงูููุฏู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฉูจูงูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุจู ุญุฒู , ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู - ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
(Faidah): Apapun sholat yang terkenal dengan sebutan lailatur rogho'ib, Nishfu Sya'ban, dan sholat Asyuro' adalah bid'ah qobihah. Hadits-hadits landasannya palsu.
Guru kami seperti Ibnu Syahbah berkata bahwa yang paling jelek adalah sholat yang ditradisikan di sebagian daerah yaitu sholat lima rokaat pada hari jumat terakhir bulan Romadlon yang dilakukan setelah sholat tarowih dengan dugaan bahwa sholat tersebut adalah kafaroh (penebusan) sholat yang ditinggalkan selama satu tahun atau seumur hidup. Demikian itu haram." Selesai.
❁˚เงก✿⊱•Syaikh Sayyid Abi Bakar bin Muhammad Syatho Ad Dimyathiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya I'anatu Ath Tholibin Syarhu Fathu Al Mu'in (Juz. 1 Hal. 312):
(ูููู: ูุงุฆุฏุฉ: ุฃู ุง ุงูุตูุงุฉ ุงูู ุนุฑููุฉ ูููุฉ ุงูุฑุบุงุฆุจ ุฅูุฎ) ูุงู ุงูู ุคูู ูู ุฅุฑุดุงุฏ ุงูุนุจุงุฏ: ูู ู ุงูุจุฏุน ุงูู ุฐู ูู ุฉ ุงูุชู ูุฃุซู ูุงุนููุง ููุฌุจ ุนูู ููุงุฉ ุงูุฃู ุฑ ู ูุน ูุงุนููุง: ุตูุงุฉ ุงูุฑุบุงุฆุจ ุงุซูุชุง ุนุดุฑุฉ ุฑูุนุฉ ุจูู ุงูุนุดุงุกูู ูููุฉ ุฃูู ุฌู ุนุฉ ู ู ุฑุฌุจ ุตูุงุฉ ูููุฉ ูุตู ุดุนุจุงู ู ุงุฆุฉ ุฑูุนุฉ، ูุตูุงุฉ ุขุฎุฑ ุฌู ุนุฉ ู ู ุฑู ุถุงู ุณุจุนุฉ ุนุดุฑ ุฑูุนุฉ، ุจููุฉ ูุถุงุก ุงูุตููุงุช ุงูุฎู ุณ ุงูุชู ูู ููุถูุง ูุตูุงุฉ ููู ุนุงุดูุฑุงุก ุฃุฑุจุน ุฑูุนุงุช ุฃู ุฃูุซุฑ ูุตูุงุฉ ุงูุฃุณุจูุน،
ุฃู ุง ุฃุญุงุฏูุซูุง ูู ูุถูุนุฉ ุจุงุทูุฉ، ููุง ุชุบุชุฑ ุจู ู ุฐูุฑูุง.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุฅุนุงูุฉ ุงูุทุงูุจูู ุนูู ุญู ุฃููุงุธ ูุชุญ ุงูู ุนูู : (ุฌ ูก ุต ูฃูกูข) / ุจุงุจ ุงูุตูุงุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุจูุฑ (ุงูู ุดููุฑ ุจุงูุจูุฑู) ุนุซู ุงู ุจู ู ุญู ุฏ ุดุทุง ุงูุฏู ูุงุทู ุงูุดุงูุนู (ุช ูกูฃูกู ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ ููุทุจุงุนุฉ ูุงููุดุฑ ูุงูุชูุฑูุน، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคูกูจ ูู - ูกูฉูฉูง ู ู].
"Ucapan Mushonnif: Faidatun: adapun sholat yang dikenal dengan sebutan lailatur roghoib...) Pengarang kitab Isrsyadul Ibaad berkata bahwa sholat tersebut termasuk bid'ah madzmumah (tercela) orang yang melakukannya berdosa. Dan wajib bagi pemerintah setempat untuk mencegahnya, yaitu mencegah sholat rogho'ib, (12 rokaat di antara maghrib dan isya pada malam jumat pertama bulan Rojab), sholat malam nishfu Sya'ban (100 rokaat), sholat jumat terakhir bulan Romadlon, (17 rokaat dengan niat qodlo sholat lima waktu yang belum diqodloinya), sholat hari Asyuro (10 Muharrom) sebanyak 4 rokaat atau lebih dan sholat usbuu'.
Adapun hadits-haditsnya adalah palsu, batil. Jangan tertipu oleh orang yang menyebutkannya." Selesai.
❁˚เงก✿⊱• Penjelasan Diatas Diperkuat Oleh Syaikh Al Muhaddits Abdul Hamid Ali Qudsiy Al Makkiy Asy Syafi'iy beliau berkata senada dan menambahkan pendapat para Ahli Ma'rifat dan menjelaskan pendapat mereka tentang bolehnya melakukan Sholat dimalam Rabu terakhir pada bulan shofar sekaligus lengkap dengan tatacaranya, seperti beliau jelaskan dalam Kitabnya Kanzu An Najah Wa As Surur Fi Ad'iyyati Allati Tasyrahu Ash Shudur (Hal. 24 & 26):
ุชูุจูู : ูง ู ุง ูุทูุจ ูู ุตَูุฑ ุงูุฎููุฑ
ูุงู ุงูุนูุงู ุฉ ุงูุดูุฎ ุฒูู ุงูุฏูู ุชูู ูุฐ ุงุจู ุญุฌุฑ ุงูู ูู ูู ูุชุงุจู : ุฅุฑุดุงุฏ ุงูุนุจุงุฏ، ูุบูุฑู ู ู ุนูู ุงุก ุงูู ุฐูุจ:
ูู ู ุงูุจุฏุน ุงูู ุฐู ูู ุฉ ุงูุชู ูุฃุซู ูุงุนููุง ููุฌุจ ุนูู ููุงุฉ ุงูุฃู ุฑ ู ูุน ูุงุนููุง ุตูุงุฉ ุงูุฑุบุงุฆุจ؛ ุงุซูุชุง ุนุดุฑุฉ ุฑูุนุฉ ุจูู ุงูุนุดุงุกูู ูููุฉ ุฃูู ุฌู ุนุฉ ู ู ุฑุฌุจ، ูุตูุงุฉ ูููุฉ ุงููุตู ู ู ุดุนุจุงู ) ู ุงุฆุฉ ุฑูุนุฉ (، ูุตูุงุฉ ุขุฎุฑ ุฌู ุนุฉ ู ู ุฑู ุถุงู ) ุณุจุน ุนุดุฑุฉ ุฑูุนุฉ، (ุจููุฉ ูุถุงุก ุงูุตููุงุช ุงูุฎู ุณ ุงูุชู ูู ููุถูุง)، ูุตูุงุฉ ููู
ุนุงุดูุฑุงุก؛ (ุฑูุนุชูู ุฃู ุฃุฑุจุน ุฑูุนุงุช ุฃู ุฃูุซุฑ)، ูุตูุงุฉ ุงูุฃุณุจูุน.
ุฃู ุง ุฃุญุงุฏูุซูุง ูู ูุถูุนุฉ ุจุงุทูุฉ؛ ููุง ุชุบุช َุฑ ุจู ู ุฐูุฑูุง. ุงูู.
َ
ููุช: ูู ุซูู ุตูุงุฉ ุตูุฑ، ูู ู ุฃุฑุงุฏ ุงูุตูุงุฉ ูู ููุช ู ู ูุฐู ุงูุฃููุงุช ููููู ุงّูููู ุงูู ุทูู ูุฑุงุฏู ู ู ุบูุฑ ุนุฏุฏ ู ุนูู، ููู ู ุงูุง ูุชููุฏ ููุช ููุง ุณุจุจ، ููุง ุญุตุฑ ูู، ูุจุงููู ุงูุชูููู ...(ุฅูู ุฃู ูุงู)...
ูุงุฆุฏุฉ :...ููุงู ุงูุดูุฎ ุงูุจููู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจ ุงููุฑุฏูุณ: ุฅู ุงููู ุนุฒّ ูุฌّู ููุฒู ุจูุงุก ูู ุขุฎุฑ ุฃุฑุจุนุงุก ู ู ุตูุฑ ุจูู ุงูุณู ุงุก ูุงูุฃุฑุถ؛ ููุฃุฎุฐู ุงูู َّููู ุจู ููุณูู ู ุฅูู ูุทุจ ุงูุบูุซ ูููุฑูู ุนูู ุงูุนุงูู ، ูู ุง ุญุตู ู ู ู ูุช ุฃู ุจูุงุก ุฃู ูู ّ ุฅูุง ููููู ู ู ุงูุจูุงุก ุงูุฐู ููุฑูู ุงููุทุจ؛
ูู ู ُูุฑุฏ ุงูุณูุงู ุฉ ู ู ุฐูู ูููุตِّู ุณุช ุฑูุนุงุช، ููุฑุฃ ูู ุงูุฃููู ุจุฃู ุงููุฑุขู ูุขูุฉ ุงููุฑุณู، ููู ุงูุซุงููุฉ ุณูุฑุฉ ุงูุฅุฎูุงุต ูู ูู ุฑูุนุฉ، ุซู ูุตّูู ุนูู ุงููุจู - ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ุจุฃู ุตูุงุฉ، ุซู ูุฏุนู ุจูุฐุง ุงูุฏุนุงุก ููููู:
(ุงูููู ) ุฅูู ุฃุณุฃูู ุจุฃุณู ุงุฆู ุงูุญุณูู، ูุจููู ุงุชู ุงูุชّุงู ّุงุช ูุจุญُุฑู ุฉ ูุจูู ู ุญู ุฏ - ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ุฃู ุชุญูุธูู ูุฃู ุชุนุงูููู ู ู ุจูุงุฆู، ูุง ุฏุงูุน ุงูุจูุงูุง، ูุง ู ูุฑِّุฏ ุงููู ّ، ููุง ูุงุดู ุงูุบู ّ، ุงูุดู ุนูู ู ุง ُูุชุจ ุนّูู ูู ูุฐู ุงูุณูุฉ ู ู ูู ّ ุฃู ุบู ّ؛ ุฅูู ุนูู ูู ุดูุก ูุฏูุฑٌ، ูุตูู ุงููู ุนูู ุณูุฏูุง ู ุญู ุฏ ูุนูู ุขูู ูุตุญุจู ูุณูู ุชุณููู ุง.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ููุฒ ุงููุฌุงุญ ูุงูุณุฑูุฑ ูู ุงูุฃุฏุนูุฉ ุงูุชู ุชุดุฑุญ ุงูุตุฏูุฑ : (ุต ูขูฃ - ูขูฆ) / ุชูุจูู / ู ุง ูุทูุจ ูู ุตูุฑ ุงูุฎูุฑ / ูุงูุฏุฉ / ุงูู ุคูู : ุงูุนุงูู ، ุงูู ุญุฏุซ، ุงูุฃุฏูุจ، ุงูุดูุฎ ุนุจุฏ ุงูุญู ูุฏ ุจู ุนูู ุจู ุนุจุฏ ุงููุงุฏุฑ ูุฏุณ ุงูู ูู، ุงูุดุงูุนู، ููุฏ ุจู ูุฉ ุงูู ูุฑู ุฉ ุณูุฉ ูกูขูจู ูู، ูุชููู ุจูุง ุณูุฉ ูกูฃูฃูคูู، ุงูู ุฏุฑุณ ูุงูุฅู ุงู ุงูู ุณุฌุฏ ุงูุญุฑุงู : ูกูขูจู ูู - ูกูขูฃูค ูู].
Dalam kitab “Ferdaus” , Syeh Al-Buni Rohimahullah berkata: “Barang siapa yang ingin selamat dari hal-hal di rabu akhir bulan Shafar, hendaknya dia sholat 6 rekaat (2 salam, 2 salam dan 2 salam) dimana rekaat pertama setelah membaca Ummal Qur’an direkomendasikan membaca ayat Kursi dan di rekaat kedua membaca Surat Al-Ikhlas. Kemudian membaca sholawat atas Nabi -๏ทบ-. Kemudian berdoa : ...(sampai ia berkata)...
Aku (Syaikh Abdul Hamid Ali Qudsiy Asy Syafi'iy) berpendapat : "Begitu juga dengan sholat bulan Shofar, MAKA BAGI ORANG YANG HENDAK MELAKUKAN SHOLAT PADA WAKTU-WAKTU INI, HENDAKLAH NIAT SHOLAT SUNNAH MUTLAQ SAJA TANPA HITUNGAN YANG DITENTUKAN. Sholat sunnah mutlaq adalah sholat yang tidak terikat waktu, bukan pula karena sebab dan tidak ada batasannya."
(Ketika diniatkan sholat sunah muthlak, maka bunyi niatnya sebagai berikut):
ุฃُุตَِّูู ุณَُّูุฉً ุฑَْูุนَุชَِْููู ِููู ุชَุนุงََูู
Aku berniat sholat dua rakaat karena Allah Ta'ala.
❁˚เงก✿⊱• Tersebut dalam Kitab Minhajussurur, halaman 17-18:
(ุชูุจูู) ูุงู ุงูุนูุงู ุฉ ุงูุดูุฎ ุฒูู ุงูุฏูู ุชูู ูุฐ ุงุจู ุญุฌุฑ ุงูู ููู ูู ูุชุงุจู ุฅุฑุดุงุฏ ุงูุนุจุงุฏ ูุบูุฑู ู ู ุนูู ุงุก ุงูู ุฐูุจ
ูู ู ุงูุจุฏุน ุงูู ุฐู ูู ุฉ ุงูุชู ูุฃุซู ูุงุนููุง ููุฌุจ ุนูู ููุงุฉ ุงูุฃู ุฑ ู ูุน ูุงุนููุง ุตูุงุฉ ุงูุฑุบุงุฆุจ ุฅูู ุฃู ูุงู، ุฃู ุง ุญุฏูุซูุง ูู ูุถูุนุฉ ุจุงุทูุฉ ููุง ูุบุชุฑ ุนู ุฐูุฑูุง، ุฅู.
Peringatan : Al-alamah Asy-syaikh Zainuddin murid dari Imam Ibnu Hajar Al-maliki berkata dalam kitabnya, Irsyadul ibaad, begitu pun ulama madzhab lainnya.
TERMASUK DARI BID'AH YANG TERCELA YANG MANA PELAKUNYA BERDOSA DAN WAJIB BAGI PEMEGANG WILAYAH UNTUK MENCEGAHNYA, adalah sholat rogho'ib " sampai pada perkataan Syaikh Zainuddin, "Adapun hadits-haditsnya adalah palsu, batil dan hendaknya jangan sampai tertipu oleh orang yang membahas itu (menganjurkan sholat tersebut)." Selesai.
❁˚เงก✿⊱• Disebutkan dalam kitab Jawahirul khomsi, halaman 59-51:
ูุงู ุงูุดูุฎ ุงููุงู ู ูุฑูุฏ ุงูุฏูู ูุฏุณ ุงููู ุณุฑู ุงูุนุฒูุฒ ุฅูู ููุฒู ูู ูู ุณูุฉ ุซูุงุซุฉ ุฃูู ูุนุดุฑูู ุฃููุง ู ู ุงูุจููุงุช ููููุง ูู ููู ุงูุฃุฑุจุงุน ุงูุฃุฎูุฑุฉ ู ู ุดูุฑ ุตูุฑ ููููู ุฐูู ุงูููู ุฃุตุนุจ ุฃูุงู ุชูู ุงูุณูุฉ.
ูู ู ุตูู ูู ุฐูู ุงูููู ุฃุฑุจุน ุฑูุนุงุช ููุฑุฃ ูู ูู ู ููุง ุจุนุฏ ุงููุงุชุญุฉ "ุฅูุง ุฃุนุทููุงู ุงูููุซุฑ" ุณุจุนุฉ ุนุดุฑ ูุงูุฅุฎูุงุต ุฎู ุณ ู ุฑุงุช ูุงูู ุนูุฐุชูู ู ุฑุฉ ููุฏุนู ุจูุฐุง ุงูุฏุนุงุก (ุจุงูุฏุนุงุก ุงูู ุฐููุฑ) ุญูุธ ุงููู ุชุนุงูู ุจูุฑู ู ู ู ุฌู ูุน ุงูุจูุงูุง ุงูุชู ูู ุชูู ุงูููู ููู ุชุญู ุญููู ุจููุฉ ู ู ุชูู ุงูุจูุงูุง ุฅูู ุชู ุงู ุงูุณูุฉ، ุขู
Asy-syaikh Al-kamil Fariduddin Qaddasallohu sirrohul aziz, "Sesungguhnya pada setiap tahun akan turun tiga ratus dua puluh ribu bala yang mana semuanya itu turun pada hari Rabu terakhir bulan Shofar, maka hari tersebut adalah hari terberat pada tahun itu."
"Barang siapa pada hari tersebut sholat sebanyam empat rokaat dengan membaca surat al-kautsar sebanyak 17 kali, al-ikhlas 5 kali dan falaq binnas satu kali pada setiap rokaat setelah membaca surat al-fatihah, lalu berdoa dengan doa yang sudab disebutkan, maka (insyaAllah) Allah Ta'ala akan menjaganya dengan kemuliaanNya dari segala bala yang ada pada tahun tersebut dan bala pada tahun itu tidak akan menimpa tempat di sekitarnya sampai berakhirnya tahun tersebut." Selesai.
❁˚เงก✿⊱•DAPAT DISIMPULKAN dalam pelaksanaan maupun tatacara sholat rebo wekasan ada perbedaan pendapat :
1)• Menurut satu versi ulama' hukumnya sunnah untuk menyeimbangkan dan menetralisir keadaan dari bala nencana, karena menurut Ahli Ma'rifat dibulan Shofar diturunkan bermacam macam bala' (pagebluk : Jawa).
2)• Menurut versi yang lain, JIKA DINIATI SHOLAT SUNNAH MUTLAQ, MAKA HUKUMNYA BOLEH, namun jika diniati sholat shofar atau tolak bala', maka haram hukumnya karena termasuk bid'ah madzmumah, (tercela).
3)• Menurut versi Ahli Hadits dan yang lainnya, haram jikalau ketika berniat mencantumkan tujuan untuk menolak bala bencana, atau haram dilakukan karena dari segi riwayat riwayatnya statusnya dianggap bathil.
❁˚เงก✿⊱• Dan Yang dikategorikan BID'AH MADZMUMAH dalam pelaksanaan sholat dirabu terakhir bulan shofar ini adalah sholat yang niatnya ditentukan (di-ta'yin) dengan suatu peristiwa atau waktu, seperti contoh:
ุฃุตูู ุณูุฉ ูุฏูุน ุงูุจูุงุก ููู ุชุนุงูู
"Saya niat sholat sunnah li daf'il bala', karena Allah Ta'ala".
ุฃุตูู ุณูุฉ ููุตู ุดุนุจุงู ููู ุชุนุงูู
"Saya niat sholat sunnah nishfu sya'ban, karena Allah Ta'ala."
Dan lain sebagainya.
❁˚เงก✿⊱•Adapun pelaksanaan sholat pada waktu-waktu tertentu dengan niat sholat taubat, hajat, istikhoroh, sunah mutlak dan lain sebagainya, tidaklah menjadi masalah, justru malah dianjurkan.
✯͜͡❂⊱•ุฃَูุญَู ْุฏُ ِِّูููู ุงَّูุฐِْู ุจِِูุนْู َุชِِู ุชَุชُู ُّ ุงูุตّุงِูุญَุงุชُ✯͜͡❂⊱•
•._.••´¯``•.¸¸.•` ๐ ะบัฮฑ∂ัฮทฮฑฮท ััโฮฑัฮฑฮท
ััฯ ะผะฒฯ ฮทg
ะผฮฑgัโฮฑฮทg
๐ `•.¸¸.•``¯´••._.•
ูกูจ ุตูููููุฑ ูกูคูคูฆ ูู
23 ๐๐๐๐๐๐๐ ๐ค๐ข๐ค๐ฆ ๐
Tidak ada komentar:
Posting Komentar