═เคนเฆ• ⃟ ⃟ •❂͜͡✯ ูกูก ุฐู ุงูุญุฌุฉ ูกูคูคูฅ ูู✯͜͡⊱• ⃟ ⃟ •เฆเคน═
❁˚เงก✿⊱•••*•⊰❂͜͡✯━━━━━┓
•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱• | ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ (๐๐๐๐๐) ๐๐๐ก
๐๐ข๐๐๐ ๐ฃ๐๐ง๐จ๐ก๐๐๐ก ๐ณ ๐ข๐ฅ๐๐ก๐ ๐ญ ๐ข๐ก๐ง๐ ๐๐ง๐๐จ 1 ๐ฆ๐๐ฃ๐ ๐๐๐ก๐๐๐ก ๐ก๐๐๐ง ๐ฌ๐๐ก๐ ๐๐๐ฅ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ก ๐๐จ๐๐จ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ก๐๐๐ง ๐๐จ๐ฅ๐๐๐ก ๐๐๐ก ๐๐ค๐๐ค๐ข๐ ๐๐๐ก๐๐๐ก ๐ญ ๐๐๐ ๐๐๐ก๐
┗━━━━━✯͜͡❂⊱•*•••⊰✿เงกৢ˚❁
✯͜͡❂⊱•๐ธ]• ๐น๐๐๐ผโ ๐น๐ผโ๐๐โ๐น๐ธโ ๐ป๐ผโ๐พ๐ธโ ๐๐ผโโ๐ธ๐ ๐น๐ผ๐๐โ๐ธ ๐ธ๐๐ธ๐ ๐น๐ผโ๐๐ผ๐๐ธ๐๐โ ๐พ๐ธโ๐ป๐ธ ๐ป๐ธโ ๐น๐๐๐ผโ โ๐ธ๐๐โ๐พ๐ธโ ๐๐โ๐น๐ธโ ๐ป๐ผโ๐พ๐ธโ โ๐๐ธ๐ ๐น๐ผโ๐น๐ผ๐ป๐ธ ๐น๐ผ๐ป๐ธ
1• Syafi'iyyah
BOLEH MENYEMBELIH UNTA ATAU SAPI UNTUK 7 ORANG, BAIK MEREKA SATU RUMAH ATAU BEBERAPA RUMAH, BAIK SEMUANYA BERNIAT IBADAH YANG SAMA, ATAU IBADAH YANG BERBEDA-BEDA, baik hukumnya wajib atau mustahab, baik sebagiannya hanya butuh daging (lauk).
Boleh berkurban dengan ternak berkelamin betina atau berkelamin ganda (hemaprodit, banci, waria).
❁˚เงก✿⊱•Imam Khathib Asy Syirbiniy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Mughni Al Muhtaj Ila Ma'rifati Ma'aniy Alfaadzi Al Minhaj (Juz. 6 Hal. 125):
(ََููุฌُูุฒُ ุฐََูุฑٌ َูุฃُْูุซَู) ุฃَْู ุงูุชَّุถْุญَِูุฉُ ุจٍُِّูู ู ُِْููู َุง ุจِุงْูุฅِุฌْู َุงุนِ، َูุฅِْู َูุซُุฑَ َูุฒََูุงُู ุงูุฐََّูุฑِ ََِูููุงุฏَุฉُ ุงْูุฃُْูุซَู...(ุงูู ุฃู ูุงู)...
ุชَْูุจٌِูู: َูู ْ َูุชَุนَุฑَّุถْ َูุซِูุฑٌ ู ِْู ุงََُْููููุงุกِ ِูุฅِุฌْุฒَุงุกِ ุงْูุฎُْูุซَู ِูู ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉِ، ََููุงَู ุงْูู ُุตَُِّูู: ุฅَُّูู ُูุฌْุฒِุฆُ؛ ِูุฃََُّูู ุฐََูุฑٌ ุฃَْู ุฃُْูุซَู، ََِูููุงُูู َุง ُูุฌْุฒِุฆُ ََْูููุณَ ِِููู ู َุง ُِْูููุตُ ุงَّููุญْู َ، َูุงَِْูููุงุณُ ุนََูู ู َุง َูุงَُูู ุงูุฑَّุงِูุนُِّู: ุชَْูุถُِูู ุงูุฐََّูุฑِ ุนََِْููู ِูุงุญْุชِู َุงِู ุงْูุฃُُููุซَุฉِ، َูุชَْูุถُُِููู ุนََูู ุงْูุฃُْูุซَู ِูุงุญْุชِู َุงِู ุงูุฐُُّููุฑَุฉِ.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ู ุบูู ุงูู ุญุชุงุฌ ุฅูู ู ุนุฑูุฉ ู ุนุงูู ุฃููุงุธ ุงูู ููุงุฌ : (ุฌ ูฆ ุต ูกูขูฅ - ูกูขูฆ) / ูุชุงุจ ุงูุงุถุญูุฉ / ุงูู ุคูู: ุดู ุณ ุงูุฏูู، ู ุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ، ุงูุฎุทูุจ ุงูุดุฑุจููู ุงูุดุงูุนู [ุช ูฉูงูง ูู] / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงููุชุจ ุงูุนูู ูุฉ، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคูกูฅ ูู - ูกูฉูฉูค ู ู].
Menurut konsensus (Ijma') para alim fikih, hewan yang berjenis kelamin jantan maupun betina, boleh (bisa) dijadikan hewan kurban. Meskipun hewan yang jantan, banyak lompat-lompatnya. Dan hewan betinanya sering melahirkan.
Banyak ahli fikih MENYANGSIKAN (MERAGUKAN) HEWAN YANG BERJENIS KELAMIN GANDA (KHUNTSA, HEMAPRODIT) guna dijadikan hewan kurban. Menurut pandangan mushannif (Imam Al-Nawawi), HEWAN TERSEBUT MENCUKUPI UNTUK DIJADIKAN HEWAN KURBAN, sebab pada dasarnya ia boleh jadi sehagai jantan atau betina.
Sedangkan keduanya ini sah untuk dijadikan hewan kurban, dan hewan tersebut pun tidak berimbas pada kurangnya daging. Dianalogikan dengan pernyataannya Imam Ar-Rofi’iy bahwa boleh jadi ia lebih condong ke jantan, namun ia juga berpotensi distatusi sebagai hewan betina. Dan sebaliknya. Selesai.
❁˚เงก✿⊱•Imam Al-Nawawiy Al-Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab (Juz. 8 Hal. 393):
ََููุฌُูุฒُ َِูููุง ุงูุฐََّูุฑُ َูุงْูุฃُْูุซَู ، ِูู َุง ุฑََูุชْ ุฃُู ُّ ُูุฑْุฒٍ ุนَْู ุงَّููุจِِّู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ุฃََُّูู َูุงَู { ุนَْู ุงْูุบَُูุงู ِ ุดَุงุชَุงِู ، َูุนَْู ุงْูุฌَุงุฑَِูุฉِ ุดَุงุฉٌ ، َูุง َูุถُุฑُُّูู ْ ุฐُْูุฑَุงًูุง َُّูู ุฃَْู ุฅَูุงุซًุง }
َูุฅِุฐَุง ุฌَุงุฒَ ุฐََِูู ِูู ุงْูุนََِูููุฉِ ุจَِูุฐَุง ุงْูุฎَุจَุฑِ ุฏََّู ุนََูู ุฌََูุงุฒِِู ِูู ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉِ ، َِููุฃََّู َูุญْู َ ุงูุฐََّูุฑِ ุฃَุทَْูุจُ ََููุญْู َ ุงْูุฃُْูุซَู ุฃَุฑْุทَุจُ
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ุฌู ูุน ุดุฑุญ ุงูู ูุฐุจ : (ุฌ ูจ ุต ูฃูฉูฃ) / ูุชุงุจ ุงูุญุฌ / ุจุงุจ ุงูุงุถุญูุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุฒูุฑูุง ู ุญูู ุงูุฏูู ุจู ุดุฑู ุงููููู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฆูงูฆ ูู) / ุงููุงุดุฑ: (ุฅุฏุงุฑุฉ ุงูุทุจุงุนุฉ ุงูู ููุฑูุฉ، ู ุทุจุนุฉ ุงูุชุถุงู ู ุงูุฃุฎูู) - ุงููุงูุฑุฉ، ุนุงู ุงููุดุฑ:ูกูฃูคูค - ูกูฃูคูง ูู].
“DAN DIPERBOLEHKAN DALAM BERQURBAN DENGAN HEWAN JANTAN MAUPUN BETINA. Sebagaimana mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Kuraz dari Rasulullah -๏ทบ-, bahwa beliau pernah bersabda “(aqiqah) untuk anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk perempuan satu kambing. BAIK BERJENIS KELAMIN JANTAN ATAU BETINA, TIDAK MASALAH,”
“Jika dalam hal aqiqah saja diperbolehkan dengan landasan hadits tersebut, maka hal ini menunjukkan KEBOLEHAN UNTUK MENGGUNAKAN HEWAN BERJENIS KELAMIN JANTAN MAUPUN BETINA DALAM KURBAN. Karena daging jantan lebih enak dari daging betina, dan daging betina lebih lembab (lembek).” Selesai.
❁˚เงก✿⊱•Selanjutnya Imam An-Nawawiy Asy Syafi'iy (w. 676 H) menjelaskan di dalam kitabnya, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab (Juz. 8 Hal. 397):
َูุตِุญُّ ุงูุชَّุถْุญَِูุฉُ ุจِุงูุฐََّูุฑِ َูุจِุงْูุฃُْูุซَู ุจِุงْูุฅِุฌْู َุงุนِ َِููู ุงْูุฃَْูุถَِู ู ُِْููู َุง ุฎَِูุงٌู (ุงูุตَّุญِูุญُ) ุงَّูุฐِู َูุตَّ ุนََِْููู ุงูุดَّุงِูุนُِّู ِูู ุงْูุจَُْููุทِِّู َูุจِِู َูุทَุนَ َูุซِูุฑَُูู ุฃََّู ุงูุฐََّูุฑَ ุฃَْูุถَُู ู ِْู ุงْูุฃُْูุซَู َِูููุดَّุงِูุนِِّู َูุตٌّ ุขุฎَุฑُ ุฃََّู ุงْูุฃُْูุซَู ุฃَْูุถَُู َูู ِْู ุงْูุฃَุตْุญَุงุจِ ู َْู َูุงَู َْููุณَ ู ُุฑَุงุฏُُู ุชَْูุถَِูู ุงْูุฃُْูุซَู ِูู ุงูุชَّุถْุญَِูุฉِ َูุฅَِّูู َุง ุฃَุฑَุงุฏَ ุชَْูุถََِูููุง ِูู ุฌَุฒَุงุกِ ุงูุตَّْูุฏِ ุฅุฐَุง ุฃَุฑَุงุฏَ ุชَِْูููู ََูุง ِูุฅِุฎْุฑَุงุฌِ ุงูุทَّุนَุงู ِ َูุงَู ุงْูุฃُْูุซَู ุฃَْูุซَุฑُ َูู ُِْููู ْ ู َْู َูุงَู ุงْูู ُุฑَุงุฏُ ุงْูุฃُْูุซَู ุงَّูุชِู َูู ْ ุชَِูุฏْ ุฃَْูุถَُู ู ِْู ุงูุฐََّูุฑِ ุงูุฐู ูุซุฑ ูุฒูุงูู َูุฅِْู َูุงَู َُููุงَู ุฐََูุฑٌ َูู ْ َْููุฒُ َูุฃُْูุซَู َูู ْ ุชَِูุฏْ ََُููู ุฃَْูุถَُู ู َِْููุง َูุงََُّููู ุฃَุนَْูู ُ
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ุฌู ูุน ุดุฑุญ ุงูู ูุฐุจ : (ุฌ ูจ ุต ูฃูฉูง) / ูุชุงุจ ุงูุญุฌ / ุจุงุจ ุงูุงุถุญูุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุฒูุฑูุง ู ุญูู ุงูุฏูู ุจู ุดุฑู ุงููููู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฆูงูฆ ูู) / ุงููุงุดุฑ: (ุฅุฏุงุฑุฉ ุงูุทุจุงุนุฉ ุงูู ููุฑูุฉ، ู ุทุจุนุฉ ุงูุชุถุงู ู ุงูุฃุฎูู) - ุงููุงูุฑุฉ، ุนุงู ุงููุดุฑ:ูกูฃูคูค - ูกูฃูคูง ูู].
Sub bahasan: Hewan yang berjenis kelamin jantan dan betina sah untuk dijadikan hewan kurban, dan para ulama’ telah konsensus mengenai hal ini. Hanya saja ulama’ berbeda pendapat mengenai keutamaannya, yakni baiknya hewan jantan atau betina.
Menurut qaul sahih, sebagaimana yang dinyatakan oleh Imam Al-Syafii dalam imla’ (suatu kitab yang didiktekan beliau kepada Imam Al-Buwaithi), bahwa hewan jantan lebih utama untuk dijadikan hewan kurban. Pendapat ini juga dipedomani oleh banyak ulama’.
Namun Imam Al-Syafii memiliki pendapat (nash) yang beda, di mana beliau menyatakan bahwasanya hewan betina lebih utama untuk dikurbankan. Pendapat ini ditakwil oleh ashabnya Imam Syafii, bahwasanya ini tidak bermaksud untuk mengutanajan perempuan dalam konteks kurban.
Melainkan yang dimaksudkan adalah dalam konteks berburu, jika ia hendak mengkonversikannya dengan uang, guna memberikan makanan (Dam Haji). Mereka berpendapat, hewan betina lebih banyak.
Sebagian lain berpandangan bahwasanya yang dimaksudkan dalam pendapat kedua adalah ketika hewan betinanya tidak mengandung, maka yang demikian lebih utama daripada jantan yang banyak lompat-lompatnya. Namun jika ada hewan jantan yang tidak banyak lompat, dan hewan betina yang tidak mengandung, tentunya hewan jantan lah yang utama. Wallahu a'lam.
❁˚เงก✿⊱•Selanjutnya Imam An-Nawawiy Asy Syafi'iy (w. 676 H) salah satu ulama besar di dalam mazhab Asy-Syafi'iyah menjelaskan di dalam kitabnya, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab (Juz. 8 Hal. 397):
َูุชُุฌْุฒِุฆُ ุงْูุจَุฏََูุฉُ ุนَْู ุณَุจْุนَุฉٍ ََููุฐَุง ุงْูุจََูุฑَุฉُ ุณََูุงุกٌ َูุงُููุง ุฃََْูู ุจَْูุชٍ ุฃَْูุจُُููุชٍ َูุณََูุงุกٌ َูุงُููุง ู ُุชََูุฑِّุจَِูู ุจُِูุฑْุจَุฉٍ ู ُุชََِّููุฉٍ ุฃَْู ู ُุฎْุชََِููุฉٍ َูุงุฌِุจَุฉٍ ุฃَْู ู ُุณْุชَุญَุจَّุฉٍ ุฃَู ْ َูุงَู ุจَุนْุถُُูู ْ ُูุฑِูุฏُ ุงَّููุญْู َ ََููุฌُูุฒُ ุฃَْู َْููุตِุฏَ ุจَุนْุถُُูู ْ ุงูุชَّุถْุญَِูุฉَ َูุจَุนْุถُُูู ْ ุงَْููุฏَْู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ุฌู ูุน ุดุฑุญ ุงูู ูุฐุจ : (ุฌ ูจ ุต ูฃูฉูง) / ูุชุงุจ ุงูุญุฌ / ุจุงุจ ุงูุงุถุญูุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุฒูุฑูุง ู ุญูู ุงูุฏูู ุจู ุดุฑู ุงููููู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฆูงูฆ ูู) / ุงููุงุดุฑ: (ุฅุฏุงุฑุฉ ุงูุทุจุงุนุฉ ุงูู ููุฑูุฉ، ู ุทุจุนุฉ ุงูุชุถุงู ู ุงูุฃุฎูู) - ุงููุงูุฑุฉ، ุนุงู ุงููุดุฑ:ูกูฃูคูค - ูกูฃูคูง ูู].
BOLEH MENYEMBELIH UNTA ATAU SAPI UNTUK 7 ORANG, BAIK MEREKA SATU RUMAH ATAU BEBERAPA RUMAH, BAIK SEMUANYA BERNIAT IBADAH YANG SAMA, ATAU IBADAH YANG BERBEDA-BEDA, baik hukumnya wajib atau mustahab, baik sebagiannya hanya butuh daging (lauk). Dan boleh bila sebagian berniat qurban dan yang lain hadyu. Selesai.
❁˚เงก✿⊱•Selanjutnya Imam An-Nawawiy Asy Syafi'iy menjelaskan dalam kitabnya Tahdziibu Al Asmaa' Wa Al Lughoot (Juz. 3 Hal. 100):
ََููุฏْ ََููุนَ َูุฐَุง ุงْูุฎُْูุซَู ِูู ุงْูุจََูุฑِ ، َูุฌَุงุกَِูู ุฌَู َุงุนَุฉٌ ุฃَุซُِู ุจِِูู ْ َْููู َ ุนَุฑََูุฉَ ุณََูุฉَ ุฃَุฑْุจَุนٍ َูุณَุจْุนَِูู َูุณِุชِّู ِุงุฆَุฉٍ َูุงُููุง : ุฅَّู ุนِْูุฏَُูู ْ ุจََูุฑَุฉٌ َِูู ุฎُْูุซَู َْููุณَ ََููุง َูุฑْุฌُ ุงْูุฃُْูุซَู ، ََููุง ุฐََูุฑُ ุงูุซَّْูุฑِ ، َูุฅَِّูู َุง ََููุง ุฎَุฑٌْู ุนِْูุฏَ ุถَุฑْุนَِูุง َูุฌْุฑِู ู ُِْูู ุงْูุจَُْูู َูุณَุฃَُููุง ุนَْู ุฌََูุงุฒِ ุงูุชَّุถْุญَِูุฉِ ุจَِูุง َُْูููุชُ : َُููู ْ ُูุฌْุฒِุฆُ ; ِูุฃََُّูู ุฐََูุฑٌ ุฃَْู ุฃُْูุซَู ََِูููุงُูู َุง ู ُุฌْุฒِุฆٌ َْููุณَ ِِููู ู َุง ُِْูููุตُ ุงَّููุญْู َ ، ูุงุณุชุซุจุชูู ููู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุชูุฐูุจ ุงูุฃุณู ุงุก ูุงููุบุงุช : (ุฌ ูฃ ุต ูกู ู ) / ุงููุณู ุงูุซุงูู [ูู ุงููุบุงุช] / ุญุฑู ุงูุฎุงุก / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุฒูุฑูุง ู ุญูู ุงูุฏูู ูุญูู ุจู ุดุฑู ุงููููู (ุช ูฆูงูฆูู) / ูุทูุจ ู ู: ุฏุงุฑ ุงููุชุจ ุงูุนูู ูุฉ، ุจูุฑูุช - ูุจูุงู، ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
Kejadian tentang Hermafrodit (berkelamin ganda, waria, banci) ini, pada sapi, dan sekelompok orang yang aku percaya datang kepadaku pada hari Arafat tahun 674 H, mereka berkata : bahwasanya mereka mempunyai sapi ๐ hemaprodit, tidak mempunyai alat kelamin betina dan alat kelamin jantan, akan tetapi di bagian ambingnya (Organ yang terdiri dari kelenjar susu mamalia betina) ada bekas air kencingnya, lalu mereka bertanya tentang kebolehannya untuk berkurban?, maka aku (Imam An Nawawiy) katakan kepada mereka : MAKA CUKUPLAH (SAH), karena ia jantan atau betina, dan kedua-duanya cukup (sah), dan tidak ada apa-apa di dalamnya yang akan mengurangi dagingnya, dan memastikan mereka di dalamnya. Selesai
❁˚เงก✿⊱• Imam Sulaiman Al Bujairomiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Tuhfatu Al Habib 'Ala Syarhi Al Khathib = Hasyiyyah Al Bujairomiy (Juz. 4 Hal. 331 - 332):
َُُْูููู: (َูุจََูุฑٍ) ุฃَْู ุนِุฑَุงุจٍ ุฃَْู ุฌََูุงู ِูุณَ ุจِุฑْู َุงٌِّูู. َูุณََูุงุกٌ ِูู ุงْูุจََูุฑِ َูุบَْูุฑَِูุง ุงْูุฅَِูุงุซُ ุฃَْู ุงْูุฎََูุงุซَู ุฃَْู ุงูุฐُُّููุฑُ ََْููู ุฎَุตًِّูุง َูุงْูุฎَุตُِّู ู َุง ُูุทِุนَ ุฎُุตَْูุชَุงُู ุฃَْู ุงْูุจَْูุถَุชَุงِู ََููุฌْุจُุฑُ ู َุง ُูุทِุนَ ู ُِْูู ุฒَِูุงุฏَุฉُ َูุญْู ِِู ุทِูุจًุง ََููุซْุฑَุฉً َูู َุง َูุงَُูู ุงْูุจِุฑْู َุงُِّูู...(ุฅูู ุฃู ูุงู)...
َُْูููุช َُูู: َูุง َูุฎُْูู ุฅู َّุง ุฃَْู ุชََُููู ุฐََูุฑًุง َูุฅِู َّุง ุฃَْู ุชََُููู ุฃُْูุซَู ََِูููุงُูู َุง ู ُุฌَุฒِّุฆٌ ِูู ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉِ ََْูููุณَ ِِููู ู َุง ُِْูููุตُ ุงَّููุญْู َ ุงูู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุชุญูุฉ ุงูุญุจูุจ ุนูู ุดุฑุญ ุงูุฎุทูุจ = ุญุงุดูุฉ ุงูุจุฌูุฑู ู ุนูู ุงูุฎุทูุจ :(ุฌ ูค ุต ูฃูฃูก - ูฃูฃูข) / ูุชุงุจ ุงูุตูุฏ ูุงูุฐุจุงุฆุญ / ูุตู ูู ุงูุฃุถุญูุฉ / ุงูู ุคูู: ุณููู ุงู ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุนู ุฑ ุงูุจُุฌَْูุฑَู ِّู ุงูู ุตุฑู ุงูุดุงูุนู (ุช ูกูขูขูกูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุชุงุฑูุฎ ุงููุดุฑ: ูกูคูกูฅูู - ูกูฉูฉูฅู ู].
Ungkapannya: (dan sapi) artinya sapi atau kerbau kebau. Baik pada sapi atau hewan lain, betina, hermafrodit (banci, waria), atau jantan, sekalipun itu dikeberi, dan khoshi adalah ternak yang diputus buah dzakar (pelirnya), atau terpotong kedua butir telurnya, dan menampal apa yang dipotong darinya, dapat menambah dagingnya lebih enak dan banyak, seperti kata Al-Birmawiy...(sampai ia berkata)...
Maka aku berkata kepadanya: Tidak perlu ternak jantan atau betina, keduanya cukup (sah) untuk kurban, dan tidak ada sesuatu pun di dalamnya yang mengurangi dagingnya. Selesai.
❁˚เงก✿⊱• Imam Asy Syirbiniy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Iqna' Fi Hilli Alfaadzi Abi Syuja' (Juz. 2 Hal. 589):
ุชَْูุจِูู ูู ูุชَุนَุฑَّุถ ูุซูุฑ ู ู ุงََُْููููุงุก ูุฅุฌุฒุงุก ุงْูุฎُْูุซَู ِูู ุงْูุฃُุถْุญِูุฉ ََููุงَู ุงََِّّููููู ุฅَِّูู ูุฌุฒูุก ِูุฃََُّูู ุฐูุฑ ุฃَู ุฃُْูุซَู ََِูููุงُูู َุง ูุฌุฒูุก ََْูููุณَ ِِููู ู َุง ูููุต ุงَّููุญْู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูุฅููุงุน ูู ุญู ุฃููุงุธ ุฃุจู ุดุฌุงุน :(ุฌ ูข ุต ูฅูจูฉ) / ูุชุงุจ ุงูุฌูุงูุงุช / ูุตู ูู ุงูุฃุถุญูุฉ / ุงูู ุคูู: ุดู ุณ ุงูุฏูู، ู ุญู ุฏ ุจู ุฃุญู ุฏ ุงูุฎุทูุจ ุงูุดุฑุจููู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฉูงูงูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจูุฑูุช، ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
Perlu diketahui bahwa banyak ahli fiqih yang tidak membahas porsi hewan hermafrodit (banci, waria, berkelamin ganda) dalam kurban, dan Imam Al-Nawawi mengatakan bahwa cukuplah (sah) karena ia laki-laki atau perempuan, dan kedua-duanya cukup (sah) dan tidak ada satu pun di dalamnya yang mengurangi. daging. Selesai.
2• Malikiyyah
Menukil dari Imam An Nawawiy boleh berkurban dengan hewan ternak berkelamin ganda (hemaprodit, banci).
❁˚เงก✿⊱•Imam Hathab Ar Ru'ainiy Al Malikiy menyebutkan pendapat Imam An Nawawiy tentang bolehnya berkurban dengan ternak khuntsa (hemaprodit, waria, berkelamin ganda) dalam kitabnya Mawahibu Al Jalil Fi Syarhi Mukhtashar Kholil (Juz. 6 Hal. 434):
َูุงَู ุงََُِّّููููู : ُْููุช ََููุฏْ َُُูููู ِูู ุงْูุจََูุฑِ ََููุฏْ ุฌَุงุกَِูู ุฌَู َุงุนَุฉٌ ุฃَุซُِู ุจِِูู ْ َْููู َ ุนَุฑََูุฉَ ุณََูุฉَ ุฃَุฑْุจَุนٍ َูุณَุจْุนَِูู َูุณِุชِّู ِุงุฆَุฉٍ َูุงَู ุฅَّู ุนِْูุฏَُูู ْ ุจََูุฑَุฉً ุฎُْูุซَู َْููุณَ ََููุง َูุฑْุฌُ ุงْูุฃُْูุซَู ََููุง ุฐََูุฑُ ุงูุซَّْูุฑِ ، َูุฅَِّูู َุง ََููุง ุฎَุฑٌْู ุนِْูุฏَ ุถَุฑْุนَِูุง َูุฌْุฑِู ู ُِْูู ุงْูุจَُْูู َูุณَุฃَُููุง ุนَْู ุฌََูุงุฒِ ุงูุชَّุถْุญَِูุฉِ ุจَِูุง َُْูููุช َُููู ْ ุชُุฌْุฒِุฆُ ; ِูุฃَََّููุง ุฐََูุฑٌ ุฃَْู ุฃُْูุซَู ََِูููุงُูู َุง ُูุฌْุฒِุฆُ َْููุณَ ِِููู ู َุง ُِْูููุตُ ุงَّููุญْู َ َูุฃَْูุชَْูุชُُูู ْ ِِููู. ุงْูุชََูู .
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ู ูุงูุจ ุงูุฌููู ูู ุดุฑุญ ู ุฎุชุตุฑ ุฎููู : (ุฌ ูฆ ุต ูคูฃูค) / ุจุงุจ ุงููุฑุงุฆุถ / ูุฑุน ูุฅูุณุงู ุนู ุฎูุซู ูููุฏ ู ู ุธูุฑู ุฐูุฑุง ุซู ู ุงุช ุงูุฎูุซู ุซู ุงุจู ุฃุฎูู ููู ูุฑุซ ู ูู ุงุจู ุงูุฎูุซู ุฌู ูุน ุงูู ุงู / ุงูู ุคูู: ุดู ุณ ุงูุฏูู ุฃุจู ุนุจุฏ ุงููู ู ุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุงูุทุฑุงุจูุณู ุงูู ุบุฑุจู، ุงูู ุนุฑูู ุจุงูุญุทุงุจ ุงูุฑُّุนููู ุงูู ุงููู (ุช ูฉูฅูคูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุซุงูุซุฉ، ูกูคูกูขูู - ูกูฉูฉูขู ู].
Imam An Nawawiy berkata : sekelompok orang yang aku percaya datang kepadaku pada hari Arafat tahun 674 H, mereka berkata : bahwasanya mereka mempunyai sapi ๐ hemaprodit, tidak mempunyai alat kelamin betina dan alat kelamin jantan, akan tetapi di bagian ambingnya (Organ yang terdiri dari kelenjar susu mamalia betina) ada bekas air kencingnya, lalu mereka bertanya tentang kebolehannya untuk berkurban?, maka aku (Imam An Nawawiy) katakan kepada mereka : MAKA CUKUPLAH (SAH), karena ia jantan atau betina, dan kedua-duanya cukup (sah), dan tidak ada apa-apa di dalamnya yang akan mengurangi dagingnya, dan saya memberi mereka fatwa tentang hal itu. Selesai
✯͜͡❂⊱•๐น]•๐๐ผโ๐พ๐พ๐ธ๐น๐โ๐พ โ๐๐ธ๐ ๐๐โ๐น๐ธโ ๐ป๐ธโ ๐ธโ๐โ๐โ
ูุฑูู ุงุจู ุฃุจู ุดูุจุฉ ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู "ุงูู ุตูู" :*
ุญَุฏَّุซََูุง ุฃَุจُู ุจَْูุฑٍ ، َูุงَู : ุญَุฏَّุซََูุง َِูููุนٌ ุนَْู ุณَُْููุงَู ، ุนَْู ِูุดَุงู ٍ ، ุนَِู ุงْูุญَุณَِู َูุงุจِْู ุณِูุฑَِูู ، َูุงูุง :
*_" ุชُุฌْุฒِุฆُ ุนَُْูู ู َِู ุงْูุนََِูููุฉِ ุงูุฃُุถْุญَِูุฉُ"._*
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ู ุตูู ุงุจู ุฃุจู ุดูุจุฉ : ุฌ ูฅ ุต ูฅูฃูค / ِูุชَุงุจُ ุงْูุนََِูููุฉِ / ู َْู َูุงَู : ุฅِุฐَุง ุถَุญَّู ุนَُْูู ุฃَุฌْุฒَุฃَุชُْู ู َِู ุงูุนูููุฉ / ุฑูู ุงูุญุฏูุซ : ูขูฃูฆูฆูจ}.
*๐๐• Imam Ibnu Abi Syaibah –rahimahullah ta'ala - meriwayatkan dalam Kitabnya lagi “al Mushannaf” :*
Telah menceritakan kepada kami : Abu Bakar, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami : Waki'. Dari Sufyaan. Dari Hisyam. Dari Al Hasan dan Ibnu Siriin keduanya berkata:
*_“Dibolehkan sembelihan untuk aqiqah diniatkan juga untuk kurban”._*
{Lรฌhat Kitab Al Mushannaf Karya Imam Ibnu Syaibah : juz 5 hal 534 / Kitabu Al 'Aqiqah / Man Qaala : รdzaa Dlohha 'Anhu Ajza'athu Min Al 'Aqiqati / No. 23668}.
1• Syafi'iyyah
Ada perbedaan pendapat antara Imam Ramli yang memperbolehkan satu hewan dengan diniatkan kurban dan aqiqah serta mendapatkan dua pahala sekaligus, hal ini bisa mendapatkan pahala kurban dan aqiqah. Pahalanya berlipat ganda. Tentu harus diniati dari hati orang yang berkurban itu. Apabila tidak diniati, tidak akan mendapat pahala kedua-duanya.
Sedangkan menurut Ibnu Hajar Al Haitamiy hanya menghasilkan pahala salah satunya saja.
❁˚เงก✿⊱•Imam Syamsuddin Muhammad Ar Ramliy Asy Syafi'iy berkata NIAT AQIQAH DAN BERKURBAN BOLEH DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA, seperti yang dikemukakan dalam kitab Nihayatu Al Muhtaj Ila Syarhi Al Minhaj (Juz. 8 Hal. 146):
ََََْูููููู ุจِุดْุงุฉِ ุงْูู َุฐْุจُุญَุฉِ ุงْูุงُุٔถْุญِّูุฉَ َูุงْูุนََِูููุฉَ ุญَุตَูุงَ ุฎِูุงًَูุง ِูู َْู ุฒَุนَู َ ุฎِูุงََُูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ููุงูุฉ ุงูู ุญุชุงุฌ ุฅูู ุดุฑุญ ุงูู ููุงุฌ : (ุฌ ูจ ุต ูกูคูฆ) / ูุชุงุจ ุงูุฃุถุญูุฉ / ูุตู ูู ุงูุนูููุฉ / ุงูู ุคูู: ุดู ุณ ุงูุฏูู ู ุญู ุฏ ุจู ุฃุจู ุงูุนุจุงุณ ุฃุญู ุฏ ุจู ุญู ุฒุฉ ุดูุงุจ ุงูุฏูู ุงูุฑู ูู ุงูุดุงูุนู (ุช ูกู ู ูคูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ، ุจูุฑูุช، ุงูุทุจุนุฉ: ุท ุฃุฎูุฑุฉ - ูกูคู ูคูู/ูกูฉูจูคู ู].
Apabila seseorang niat pada kambing yang di sembelih untuk dijadikan kurban sekaligus aqiqah MAKA KEDUANYA SAH. Pendapat ini berbeda dengan yang menyelisihkannya. Selesai.
❁˚เงก✿⊱•Dengan alasan jelas, bahwa aqiqah dan kurban memiliki jenis ibadah dan jenis tujuan yang sama, yakni sama-sama menyembelih hewan untuk dihidangkan.
❁˚เงก✿⊱• Imam Ibnu Hajar Al Haitamiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Itsmidil 'Ainaini Fi Ba'dli Ikhtilaafi Asy Syaikhoini (Hal. 127):
(ู ุณุฃูุฉ): ูู ููู ุงูุนูููุฉ ูุงูุถุญูุฉ ูู ุชุญุตู ุบูุฑ ูุงุญุฏุฉ ุนูุฏ (ุญุฌ) ููุญุตู ุงููู ุนูุฏ (ู ุฑ)
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุฅุซู ุฏ ุงูุนูููู ูู ุจุนุถ ุงุฎุชูุงู ุงูุดูุฎูู : (ุต ูกูขูง) ููุงู ุงู ุงุจู ุญุฌุฑ ุงูููุชู ู ุงูุดุงูุนู / ุงููุงุดุฑ : ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
[Masalah] Jika ada orang berniat melakukan aqiqah dan kurban (secara bersamaan) tidak berbuah pahala kecuali hanya salah satunya saja menurut Imam Ibnu Hajar (Al Haitami) dan berbuah pahala kedua-duanya menurut Imam Romli. Selesai.
❁˚เงก✿⊱• Syaikh Sayyid Abdurrahman bin Muhammad Ba'alawiy Al Hadlromiy Asy Syafi'iy (Hal. 257):
ุฐَุจِุญَ ุดَุงุฉً َََูููู ุจَِูุง ุงْูุงُุถْุญَِّูุฉَ َูุงْูุนََِْูููุฉَ ุฃَุฌْุฒَุฃَُู ุนَُْููู َุง َูุงَُูู ู ุฑ ََููุงَู ุงุจُْู ุญَุฌَุฑٍ َูุง ุชَุชَุฏَุงุฎَُูุงِู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุจุบูุฉ ุงูู ุณุชุฑุดุฏูู ูู ุชูุฎูุต ูุชุงูู ุจุนุถ ุงูุฃุฆู ุฉ ู ู ุงูุนูู ุงุก ุงูู ุชุฃุฎุฑูู ู ุน ุถู ููุงุฆุฏ ุฌู ุฉ ู ู ูุชุจ ุดุชู ููุนูู ุงุก ุงูู ุฌุชูุฏูู : (ุต ูขูฅูง) / ุงูู ุคูู : ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุญุณูู ุจู ุนู ุฑ ุจุงุนููู ุงูุญุถุฑู ู ุงูุดุงูุนู/ ุฏุงุฑ ุงููุดุฑ : ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
Jikalau menyembelih satu kambing dan berniat dengannya udlhiyyah/qurban dan 'aqiiqah, maka mencukupinya untuk keduanya, seperti telah dikatakan oleh Imam Ramli. Dan Ibnu Hajar (Al Haitamiy) berkata : tidak bisa saling masuk menggantikan satu sama lainnya (keduanya berdiri sendiri-sendiri). Selesai.
❁˚เงก✿⊱• Syaikh Ibrahim Al Baijuriy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Hasyiyyah Al Baijuriy (Juz. 2 Hal. 304):
(َูุชَุนَุฏُّุฏُ ุงْูุนََِْูููุฉِ ุจِุนَุฏَุฏِ ุงْูุงََْููุงุฏِ) ุงَْู ََููุง ุชَِْููู ุนَُْููู ْ ุนََِْูููุฉٌ َูุงุญِุฏَุฉٌ ََููุฐَุง ู َุจٌِْูู ุนََูู َِْููู ุงْูุนََّูุงู َุฉِ ุงุจِْู ุญَุฌَุฑٍ ุฃََُّูู َْูู ุงَุฑَุงุฏَ ุจِุงูุดَّุงุฉِ ุงَْููุงุญِุฏَุฉِ ุงْูุงُุถْุญَِّูุฉِ َูุงْูุนََِْูููุฉِ َูู ْ َِْููู
َِِููู ุงَّูุฐِู ุตَุฑَّุญَ ุจِِู ุงْูุนََّูุงู َุฉُ ุงูุฑَّู ُِّْูู ุงََُّูู َِْูููู َูุนََِْููู َูุชَِْููู ุนََِْูููุฉٌ َูุงุญِุฏَุฉٌ ุนَِู ุงْูุงََْููุงุฏِ ุจِุทَุฑِِْูู ุงْูุงََْููู َูุชَุชَุฏَุงุฎَُู ุนََูู ุงْูู ُุนْุชَู َุฏِ ุงูู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุญุงุดูุฉ ุงูุจุงุฌูุฑู : (ุฌ ูข ุต ูฃู ูค). ููุดูุฎ ุงุจุฑุงููู ุงูุจูุฌูุฑู ุงูุดุงูุนู].
(Dan membilang dengan jumlah anak), yaitu tidak cukup (tidak sah) 1 akikah dari jumlah mereka, dan ini tetap dari pendapat Al 'Alamah Imam Ibnu Hajar (Al Haitamiy) bahwasanya apabila ingin dengan satu kambing untuk kurban dan akikah, MAKA ITU TIDAK CUKUP (TIDAK SAH).
Namun yang disampaikan Imam Al-Ramli ADALAH CUKUP (SAH), dan menurutnya, satu aqiqah saja sudah cukup untuk anak-anak menurut cara pertama, bisa saling masuk menggantikan satu sama lainnya, menurut pendapat yang mu'tamad (diperpegangi). Selesai.
❁˚เงก✿⊱• Syaikh Muhammad bin Umar Al Bantaniy Al Jawiy Al Indonisiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Tausyikh 'Ala Syarhi Fathu Al Qarib (Hal. 272):
ูุงู ุงุจู ุญุฌุฑ ูู ุฃุฑุงุฏ ุจุงูุดุงุฉ ุงููุงุญุฏุฉ ุงูุฃุถุญูุฉ ูุงูุนูููุฉ ูู ููู ุฎูุงูุง ููุนูุงู ุฉ ุงูุฑู ูู ุญูุซ ูุงู ููู ููู ุจุงูุดุงุฉ ุงูู ุฐุจูุญุฉ ุงูุฃุถุญูุฉ ูุงูุนูููุฉ ุญุตูุง ูุนููู ูุชุชุฏุงุฎู ุงูุนูููุฉ ู ุน ุงูุฃุถุญูุฉ
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูุชูุดูุญ ุนูู ุดุฑุญ ูุชุญ ุงููุฑูุจ : (ุต ูขูงูข) ุงูุดูุฎ ู ุญู ุฏ ูููู ุจู ุนู ุฑ ุงูุฌุงูู ุงูุจูุชูู ุงูุงูุฏูููุณู ุงูุดุงูุนู].
Ibnu Hajar berkata, jika dia menghendaki dengan satu ekor domba berkurban dan aqiqah, MAKA ITU TIDAK CUKUP, berbeda dengan pendapat Imam Al-Ramliy, dimana beliau mengatakan, jika dia menghendaki dengan seekor domba yang disembelih untuk kurban dan aqiqah, maka akan tercapai keduanya, dan atasnya, akan saling masuk menggantikan satu sama lainnya Aqiqoh beserta kurban. Selesai.
❁˚เงก✿⊱• Imam Qalyubiy dan 'Amirah berkata dalam Kitabnya Hasyiyyata Qalyubiy Wa 'Amirah (Juz. 4 Hal. 257):
َُُْูููู ( ุจِุดَุงุฉٍ ) ََْููู ุฌَู َุนََูุง ู َุนَ ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉِ ุจِุดَุงุฉٍ ََููู َูุงَُูู ุดَْูุฎَُูุง ุงูุฑَّู ُِّْูู ََُููู ุฌَุงุฑٍ ุนََูู ู َุง َูุงَُูู ู ِْู ุชَุฏَุงุฎُِู ุงَْูููุงَุฆِู ِ َูู َุง ู َุฑَّ، َِููู ุงุจِْู ุญَุฌَุฑٍ َูุบَْูุฑِِู ุฎِูุงَُُูู ََُููู ุงَْููุฌُْู. ุงูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุญุงุดูุชุง ููููุจู ูุนู ูุฑุฉ : (ุฌ ูค / ุต ูขูฅูง) ููุงู ุงู ููููุจู ูุนู ูุฑุฉ / ู ูุชุจุฉ ุฏุงุฑ ุฅุญูุงุก ุงููุชุจ ุงูุนุฑุจูุฉ - ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
Ungkapannya (dengan seekor domba), maka jika ia menggabungkan aqiqoh dengan kurban dengan seekor domba, MAKA ITU SUDAH CUKUP (SAH). Demikian dikatakan oleh Syaikh kami Al-Ramli, dan beliau melanjutkan dengan apa yang beliau katakan mengenai saling masuk menggantikan satu sama lainnya beberapa walimah, sebagaimana yang telah beliau sebutkan di atas.
Dan pada diri Imam Ibnu Hajar Al Haitamiy dan lain-lain, menyelisihinya, dan itu merupakan suatu pendapat. Selesai.
❁˚เงก✿⊱•Jika mengacu pada kutipan Al Hafidz Ibnu Hajar al-‘Asqalaniy Asy Syafi'iy dari para tabi'in dalam Fathul Bari berikut ini, jelas bahwa orang yang belum diaqiqahi oleh orang tuanya, kemudian ia menjalankan ibadah kurban, MAKA KURBANNYA ITU SAJA SUDAH CUKUP BAGINYA TANPA PERLU JUGA BERAQIQAH.
َูุนِْูุฏَ ุนَุจْุฏِ ุงูุฑَّุฒَّุงِู، ุนَْู ู َุนْู َุฑٍ، ุนَْู َูุชَุงุฏَุฉَ ู َْู َูู ْ َูุนَُّู ุนَُْูู ุฃَุฌْุฒَุฃْุชَُู ุฃُุถْุญَِูุชُُู َูุนِْูุฏَ ุงุจِْู ุฃَุจِู ุดَْูุจَุฉَ، ุนَْู ู ُุญَู َّุฏِ ุจِْู ุณِูุฑَِูู، َูุงْูุญَุณَِู ُูุฌْุฒِุฆُ ุนَِู ุงْูุบَُูุงู ِ ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉُ ู َِู ุงْูุนََِูููุฉِ
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ูุชุญ ุงูุจุงุฑู ุจุดุฑุญ ุงูุจุฎุงุฑู : (ุฌ ูฉ ุต ูฅูฉูฅ) / ูงูก - ูุชุงุจ ุงูุนูููุฉ / ูข - ุจุงุจ ุฅู ุงุทุฉ ุงูุฃุฐู ุนู ุงูุตุจู ูู ุงูุนูููุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุญู ุฏ ุจู ุนูู ุจู ุญุฌุฑ ุงูุนุณููุงูู ุงูุดุงูุนู (ูงูงูฃ - ูจูฅูข ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุงูู ูุชุจุฉ ุงูุณูููุฉ - ู ุตุฑ / ุงูุทุจุนุฉ: «ุงูุณูููุฉ ุงูุฃููู»، ูกูฃูจู - ูกูฃูฉู ูู].
“Menurut Abdur Razzaq, dari Ma'mar dari Qatadah mengatakan "Barangsiapa yang belum diaqiqahi maka cukup baginya berkurban". Menurut Ibnu Abi Syaibah dari Muhammad ibn Sirin dan al-Hasan mengatakan "Cukup bagi seorang anak kurban dari aqiqah". Selesai.
❁˚เงก✿⊱•Kesimpulannya, terdapat perbedaan pendapat antara Imam Romli yang memperbolehkan satu hewan dengan diniatkan kurban dan aqiqah serta mendapatkan dua pahala sekaligus. Sedangkan menurut Ibnu Hajar Al Haitami, hanya menghasilkan pahala salah satunya saja.
❁˚เงก✿⊱•Imam Ibnu Hajar dan mayoritas ulama berpendapat tidak cukup, bahkan jika dilakukan tidak sah. Dijelaskan dalam kitab yang berjudul Tuhfah Al-Muhtaj Fi Syarhi Al Minhaj Wa Hawasyai As Syarwani Wa Al 'Ubadiy (Juz. 9 Hal. 369 - 370):
"َูุธَุงِูุฑُ ََููุงู ِ َุงْูุฃَุตْุญَุงุจِ ุฃََُّูู َْูู ََููู ุจِุดَุงุฉٍ ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉَ َูุงْูุนََِูููุฉَ َูู ْ ุชَุญْุตُْู َูุงุญِุฏَุฉٌ ู ُِْููู َุง ، ََُููู ุธَุงِูุฑٌ ; ِูุฃََّู ًُّููุง ู ُِْููู َุง ุณَُّูุฉٌ ู َْูุตُูุฏَุฉٌ "...(ุงูู ุฃู ูุงู)...
َْูู ََููู ุจِุดَุงุฉٍ ุงْูุงُุٔถْุญِّูุฉَ َูุงْูุนََِْูููุฉَ َูู ْ ุชَุญْุตُْู َูุงุญِุฏَุฉٌ ู ُِْููู ุงَ ََُููู ุธَِูุฑًูุงِّูٔ ًُููุง ู ُِْููู ุงَ ุณَُّูุฉٌ ู َْูุตُูุฏَุฉٌ َِููุงَّูٔ ุจุงِْูุงُุٔถْุญِّูุฉِ ุงูุถِّูุงَّ َูุฉُ ุงْูุนَุงู َّุฉُ َูู ِْู ุงْูุนَِูููุฉِ ุงูุถِّูุงََูุฉُ ุงْูุฎَุงุตَุฉُ َِููุงََُّูููٔ ุงَ َูุฎْุชََِููุงِู ِูู ู َุณุงุฆَู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุชุญูุฉ ุงูู ุญุชุงุฌ ูู ุดุฑุญ ุงูู ููุงุฌ : (ุฌ ูฉ ุต ูฃูฆูฉ - ูฃูงู ) / ูุตู ูู ุงูุนูููุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุนูู ุจู ุญุฌุฑ ุงูููุชู ู ุงูุดุงูุนู [ุช ูฉูงูค ูู] / ุงููุงุดุฑ: ุงูู ูุชุจุฉ ุงูุชุฌุงุฑูุฉ ุงููุจุฑู ุจู ุตุฑ ูุตุงุญุจูุง ู ุตุทูู ู ุญู ุฏ، ุงูุทุจุนุฉ: ุจุฏูู ุทุจุนุฉ، ุนุงู ุงููุดุฑ: ูกูฃูฅูง ูู - ูกูฉูจูฃ ู ู].
“ Jika seseorang berniat dalam satu kambing untuk kurban dan aqiqah, maka ia tidak mendapatkan dua-duanya, pendapat inilah yang kuat, karena masing-masing dari kurban dan aqiqah memiliki tujuan tertentu”...(sampai ia berkata)...
Apabila seseorang niat berkurban dan aqiqah sekaligus dengan satu kambing, maka keduanya tidak sah dan itu sudah jelas. Karena masing-masing hukumnya sunah yang memiliki tujuan tersendiri. Dan kurban tergolong hidangan yang bersifat umum, sedangkan aqiqah tergolong hidangan yang bersifat khusus dan keduanya memiliki banyak perbedaan dan permasalahan. Selesai.
❁˚เงก✿⊱•Imam Ibnu Hajar Al Haitamiy Asy Syafi'iy juga menegaskan dalam kitabnya Al Fatawa Al Fiqhiyyah Al Kubro (Juz. 4 Hal. 256):
Bahwasanya alasan tidak boleh digabung karena masing-masing dari kurban dan aqiqah memiliki kesunahan tersendiri serta sebab maupun tujuan yang tidak sama antara satu dengan yang lain, karena kurban sebagai tebusan untuk diri sendiri dan aqidah untuk anak yang dilahirkan.
(َูุณُุฆَِู) - ุฑَุญِู َُู ุงَُّููู ุชَุนَุงَูู - ุนَْู ุฐَุจْุญِ ุดَุงุฉٍ ุฃََّูุงู َ ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉِ ุจَِِّููุชَِูุง ََِّูููุฉِ ุงْูุนََِูููุฉِ ََْููู َูุญْุตَُูุงِู ุฃَْู َูุง ุงُุจْุณُุทُูุง ุงْูุฌََูุงุจَ؟
(َูุฃَุฌَุงุจَ) ََููุนَ ุงَُّููู ุณُุจْุญَุงَُูู َูุชَุนَุงَูู ุจِุนُُููู ِِู ุจَِِِْูููู ุงَّูุฐِู ุฏََّู ุนََِْููู ََููุงู ُ ุงْูุฃَุตْุญَุงุจِ َูุฌَุฑََْููุง ุนََِْููู ู ُْูุฐُ ุณَِِููู ุฃََُّูู َูุง ุชَุฏَุงุฎَُู ِูู ุฐََِูู ِูุฃََّู ًُّููุง ู ِْู ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉِ َูุงْูุนََِูููุฉِ ุณَُّูุฉٌ ู َْูุตُูุฏَุฉٌ ِูุฐَุงุชَِูุง َََูููุง ุณَุจَุจٌ ُูุฎَุงُِูู ุณَุจَุจَ ุงْูุฃُุฎْุฑَู َูุงْูู َْูุตُูุฏُ ู َِْููุง ุบَْูุฑُ ุงْูู َْูุตُูุฏِ ู ِْู ุงْูุฃُุฎْุฑَู ุฅุฐْ ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉُ ِูุฏَุงุกٌ ุนَْู ุงَّْูููุณِ َูุงْูุนََِูููุฉُ ِูุฏَุงุกٌ ุนَْู ุงََْูููุฏِ ุฅุฐْ ุจَِูุง ُูู ُُُّูู َูุตََูุงุญُُู َูุฑَุฌَุงุกُ ุจِุฑِِّู َูุดََูุงุนَุชِِู.
َูุจِุงَِْْูููู ุจِุงูุชَّุฏَุงุฎُِู َูุจْุทُُู ุงْูู َْูุตُูุฏُ ู ِْู ٍُّูู ู ُِْููู َุง ََููู ْ ُูู ِْْูู ุงَُْْูููู ุจِِู َูุธِูุฑَ ู َุง َูุงُُููู ِูู ุณَُّูุฉِ ุบُุณِْู ุงْูุฌُู ُุนَุฉِ َูุบُุณِْู ุงْูุนِูุฏِ َูุณَُّูุฉِ ุงูุธُّْูุฑِ َูุณَُّูุฉِ ุงْูุนَุตْุฑِ َูุฃَู َّุง ุชَุญَِّูุฉُ ุงْูู َุณْุฌِุฏِ ََููุญَُْููุง ََِููู َْููุณَุชْ ู َْูุตُูุฏَุฉً ِูุฐَุงุชَِูุง ุจَْู ِูุนَุฏَู ِ َูุชِْู ุญُุฑْู َุฉِ ุงْูู َุณْุฌِุฏِ َูุฐََِูู ุญَุงุตٌِู ุจِุตََูุงุฉِ ุบَْูุฑَِูุง ََููุฐَุง ุตَْูู ُ َูุญِْู ุงِูุงุซَِْْููู ِูุฃََّู ุงَْููุตْุฏَ ู ُِْูู ุฅุญَْูุงุกُ َูุฐَุง ุงَْْูููู ِ ุจِุนِุจَุงุฏَุฉِ ุงูุตَّْูู ِ ุงْูู َุฎْุตُูุตَุฉِ َูุฐََِูู ุญَุงุตٌِู ุจِุฃَِّู ุตَْูู ٍ ََููุนَ ِِููู َูุฃَู َّุง ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉُ َูุงْูุนََِูููุฉُ ََْูููุณَุชَุง َูุฐََِูู ... ุงูุฎ.
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงููุชุงูู ุงูููููุฉ ุงููุจุฑู : (ุฌ ูค ุต ูขูฅูฆ) / ุจุงุจ ุงูุนูููุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุนูู ุจู ุญุฌุฑ ุงูููุชู ู ุงูุณุนุฏู ุงูุฃูุตุงุฑู، ุดูุงุจ ุงูุฏูู ุดูุฎ ุงูุฅุณูุงู ، ุฃุจู ุงูุนุจุงุณ ุงูุดุงูุนู (ุช ูฉูงูคูู) / ุงููุงุดุฑ: ุงูู ูุชุจุฉ ุงูุฅุณูุงู ูุฉ - ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
Ibnu Hajar al Makky asy Syafi’i –rahimahullah ta'ala- pernah ditanya tentang penyembelihan kambing pada hari raya idul adha dan hari tasyriq dengan niat kurban dan aqiqah, apakah mendapatkan dua pahala atau tidak ?
Beliau menjawab:
“Menurut pendapat banyak sahabat kami dalam madzhab, dan yang telah kami yakini selama ini bahwa *MASING-MASING NIAT TIDAK BISA MEWAKILI YANG LAINNYA,* karena kurban dan aqiqah masing-masing sunnah yang memiliki tujuan tersendiri, keduanya juga memiliki sebab dan tujuan yang berbeda, kurban adalah pengganti jiwa sedang aqiqah adalah pengganti anak, dengan aqiqah harapannya anak tumbuh berkembang dengan baik, shaleh, berbakti, dan (diizinkan) memberi syafa’at,
pendapat yang mengatakan bisa mewakili kurban akan membatalkan semua maksud aqiqah di atas, dan tidak bisa disamakan dengan mandi hari Jum’at dan mandi sebelum shalat id, juga tidak sama dengan shalat sunnah (qabliyah) dzuhur dan ashar. Adapun shalat tahiyyatul masjid dan semacamnya masih bisa digabung karena tidak sampai menodai kehormatan masjid, demikian juga puasa hari senin misalnya, karena tujuannya menghidupkan hari tersebut dengan puasa tertentu, maka bisa digabung dengan puasa lain pada hari itu. Adapun aqiqah dan kurban tidak demikian, sebagaimana yang telah nampak dengan jelas pada penjelasan kami di atas”. Selesai.
2• Malikiyyah
Jika seseorang menyembelih sembelihannya untuk niat kurban dan aqiqah maka itu tidak dibolehkan, namun jika ia berniat untuk kurban dan walimahan atau aqiqah dan walimahan, maka dibolehkan.
❁˚เงก✿⊱•Imam Hathab Ar Ru'ainiy Al Malikiy berkata dalam Kitabnya Mawahibu Al Jalil Syarhu Mukhtashar Khalil (Juz. 3 Hal. 258):
"ุฅِْู ุฐَุจَุญَ ุฃُุถْุญَِّูุชَُู ِْููุฃُุถْุญَِّูุฉِ َูุงْูุนََِูููุฉِ ุฃَْู ุฃَุทْุนَู ََูุง َِูููู َุฉً ، ََููุงَู ِูู ุงูุฐَّุฎِูุฑَุฉِ : َูุงَู ุตَุงุญِุจُ ุงَْููุจَุณِ : َูุงَู ุดَْูุฎَُูุง ุฃَุจُู ุจَْูุฑٍ ุงِْْูููุฑُِّู ุฅุฐَุง ุฐَุจَุญَ ุฃُุถْุญَِّูุชَُู ِْููุฃُุถْุญَِّูุฉِ َูุงْูุนََِูููุฉِ َูุง ُูุฌْุฒِِูู ، َูุฅِْู ุฃَุทْุนَู ََูุง َِูููู َุฉً ุฃَุฌْุฒَุฃَُู ، َูุงَْููุฑُْู ุฃََّู ุงْูู َْูุตُูุฏَ ِูู ุงْูุฃَََِّْูููู ุฅุฑَุงَูุฉُ ุงูุฏَّู ِ ، َูุฅِุฑَุงَูุชُُู َูุง ุชُุฌْุฒِุฆُ ุนَْู ุฅุฑَุงَูุชَِْูู ، َูุงْูู َْูุตُูุฏُ ู ِْู ุงَِْููููู َุฉِ ุงْูุฅِุทْุนَุงู ُ ، ََُููู ุบَْูุฑُ ู َُูุงٍู ِْููุฅِุฑَุงَูุฉِ ، َูุฃَู ََْูู ุงْูุฌَู ْุนُ . ุงْูุชََูู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ู ูุงูุจ ุงูุฌููู ูู ุดุฑุญ ู ุฎุชุตุฑ ุงูุดูุฎ ุฎููู : (ุฌ ูฃ ุต ูขูฅูจ) / ุงูุนูููุฉ / ุงูุซุงูู ูุงูู ููู ุนูููุฉ ููุฏู ููู ุงูุฃุถุญู ููุง ูู ูู ุฅูุง ุดุงุฉ / ุงูู ุคูู: ุดู ุณ ุงูุฏูู ุฃุจู ุนุจุฏ ุงููู ู ุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุงูุทุฑุงุจูุณู ุงูู ุบุฑุจู، ุงูู ุนุฑูู ุจุงูุญุทุงุจ ุงูุฑُّุนููู ุงูู ุงููู (ุช ูฉูฅูคูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุซุงูุซุฉ، ูกูคูกูขูู - ูกูฉูฉูขู ู].
“ Jika ia menyembelih sembelihannya untuk kurban dan aqiqah atau untuk walimahan, maka ia berkata dalam “ad Dakhirah”. Pengarang “al Qabas” berkata: “Syeikh kami Abu Bakr al Fihri berkata: “Jika seseorang menyembelih sembelihannya untuk niat kurban dan aqiqah maka itu tidak dibolehkan, namun jika ia berniat untuk kurban dan walimahan atau aqiqah dan walimahan, maka dibolehkan; bedanya adalah karena tujuan kurban dan aqiqah adalah pengucuran darah, sedang sembelihan walimahan adalah untuk hidangan makan, dan ini tidak menafikan pengucuran darah, maka memungkinkan untuk digabungkan (antara aqiqah dan walimahan atau kurban dan walimahan). Selesai.
3•Hanabillah
Jika aqiqah dan kurban berkumpul, dan berniat dalam satu sembelihan untuk keduanya (aqiqah dan kurban), maka hal itu dibolehkan secara tekstual oleh Imam Ahmad
Jika waktu aqiqah bersamaan dengan waktu berkurban, seperti pada hari ke tujuh atau yang lainnya bersamaan dengan hari raya idul adha atau hari tasyriq, MAKA SALAH SATU DARI AQIQAH ATAU KURBAN BISA MEWAKILI YANG LAINNYA.
❁˚เงก✿⊱• Al 'Alamah Manshur bin Yunus Al Buhutiy Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Syarhu Muntaha Al Irodat = Daqo'iq Uli An Nuha Lisyarhi Al Muntaha (Juz. 1 Hal. 616):
(َูุฅِْู ุงุชَََّูู َْููุชُ ุนََِูููุฉٍ َูุฃُุถْุญَِّูุฉٍ) ุจِุฃَْู ََُูููู ุงูุณَّุงุจِุนُ ุฃَْู َูุญُُْูู ู ِْู ุฃََّูุงู ِ ุงَّููุญْุฑِ (َูุนََّู) ุฃَุฌْุฒَุฃَ ุนَْู ุฃُุถْุญَِّูุฉٍ (ุฃَْู ุถَุญَّู ุฃَุฌْุฒَุฃَ ุนَْู ุงْูุฃُุฎْุฑَู) َูู َุง َْูู ุงุชَََّูู َْููู ُ ุนِูุฏٍ َูุฌُู ُุนَุฉٍ َูุงุบْุชَุณََู ِูุฃَุญَุฏِِูู َุง. ََููุฐَุง ุฐَุจْุญُ ู ُุชَู َุชِّุนٍ ุฃَْู َูุงุฑٍِู ุดَุงุฉً َْููู َ ุงَّููุญْุฑِ، َูุชُุฌْุฒِุฆُ ุนَْู ุงَْููุฏِْู ุงَْููุงุฌِุจِ َูุนَْู ุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉَ. ุฃูุชูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุดุฑุญ ู ูุชูู ุงูุฅุฑุงุฏุงุช = ุฏูุงุฆู ุฃููู ุงูููู ูุดุฑุญ ุงูู ูุชูู : (ุฌ ูก ุต ูฆูกูฆ) / ุจุงุจ ุงููุฏู ูุงูุฃุถุงุญู ูุงูุนูููุฉ / ูุตู ุงูุนูููุฉ / ุงูู ุคูู: ู ูุตูุฑ ุจู ูููุณ ุจู ุจู ุฅุฏุฑูุณ ุงูุจููุชู ุงูุญูุจูู (ุช ูกู ูฅูก ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุนุงูู ุงููุชุจ، ุจูุฑูุช (ููู ุทุจุนุฉ ู ุฎุชููุฉ ุนู ุนุงูู ุงููุชุจ ุจุงูุฑูุงุถ؛ ُْููููุชุจู)، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคูกูค ูู - ูกูฉูฉูฃ ู ู].
“Jika waktu aqiqah bersamaan dengan waktu berkurban, seperti pada hari ke tujuh atau yang lainnya bersamaan dengan hari raya idul adha atau hari tasyriq, MAKA SALAH SATU DARI AQIQAH ATAU KURBAN BISA MEWAKILI YANG LAINNYA. Sebagaimana jika hari raya bersamaan dengan hari jum’at, maka niat mandinya untuk salah satunya saja, sebagaimana juga sembelihan haji tamattu’ atau haji qiran pada hari raya idul adha, maka sembelihan dam (yang wajib) juga untuk kurban idul adha”. Selesai.
❁˚เงก✿⊱• Al 'Alamah Manshur bin Yunus Al Buhutiy Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Kasyafu Al Qina' 'An Matni Al Iqna' (Juz. 3 Hal. 69):
(ََْููู ุงุฌْุชَู َุนَ ุนََِูููุฉٌ َูุฃُุถْุญَِّูุฉٌ َََูููู) ุงูุฐَّุจِูุญَุฉَ (ุนَُْููู َุง) ุฃَْู: ุนَْู ุงْูุนََِูููุฉِ َูุงْูุฃُุถْุญَِّูุฉِ (ุฃَุฌْุฒَุฃَุชْ ุนَُْููู َุง َูุตًّุง) .
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ูุดุงู ุงูููุงุน ุนู ู ุชู ุงูุฅููุงุน : (ุฌ ูฃ ุต ูฆูฉ) / ุจุงุจ ุงููุฏู ูุงูุฃุถุงุญู ูุงูุนูููุฉ ูู ุง ูุชุนูู ุจูุง / ูุตู ุงูุนูููุฉ / ุงูู ุคูู: ู ูุตูุฑ ุจู ูููุณ ุจู ุฅุฏุฑูุณ ุงูุจููุชู ุงูุญูุจูู / ุงููุงุดุฑ: ู ูุชุจุฉ ุงููุตุฑ ุงูุญุฏูุซุฉ ุจุงูุฑูุงุถ، ูุตุงุญุจَููุง/ ุนุจุฏุงููู ูู ุญู ุฏ ุงูุตุงูุญ ุงูุฑุงุดุฏ، ุงูุทุจุนุฉ: ุจุฏูู ุชุงุฑูุฎ ุทุจุน [ููู ุฃุฑّุฎ ุฐูู ุฏ ุงูุชุฑูู ูู ูกูฃูจูจ ูู - ูกูฉูฆูจ ู ู].
“Jika aqiqah dan kurban berkumpul, dan berniat dalam satu sembelihan untuk keduanya (aqiqah dan kurban), MAKA HAL ITU DIPERBOLEHKAN secara tekstual oleh Imam Ahmad”. Selesai.
✯͜͡❂⊱•ุฃَูุญَู ْุฏُ ِِّูููู ุงَّูุฐِْู ุจِِูุนْู َุชِِู ุชَุชُู ُّ ุงูุตّุงِูุญَุงุชُ✯͜͡❂⊱•
•._.••´¯``•.¸¸.•` ๐ Krรฅรรชรฑรฅรฑ §รชlรฅ†รฅรฑ
§rยตmรยตรฑg
Mรฅgรชlรฅรฑg
๐ `•.¸¸.•``¯´••._.•
ูกูก ุฐู ุงูุญุฌุฉ ูกูคูคูฅ ูู
18 ๐๐พ๐ท๐ฒ 2024 ๐
Tidak ada komentar:
Posting Komentar