Bismillahirrohmaanirrohiim

Rabu, 29 Mei 2024

๐Š๐„๐“๐”๐‘๐”๐๐€๐ ๐๐€๐’๐€๐ ๐๐Ž๐ ๐๐ˆ๐Ž๐‹๐Ž๐†๐ˆ๐’ ๐’๐„๐๐„๐‘๐“๐ˆ ๐Š๐„๐“๐”๐‘๐”๐๐€๐ ๐๐€๐’๐€๐ ๐๐ˆ๐Ž๐‹๐Ž๐†๐ˆ๐’

 *•••⊰✿เงกৢ˚❁ ูขูก ุฐูˆ ุงู„ู‚ุนุฏุฉ ูกูคูคูฅ ู‡‍ู€ ❁˚เงก✿⊱•••*


─═เคนเฆ‡• ⃟  ⃟ •⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓

•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱• | ๐Š๐„๐“๐”๐‘๐”๐๐€๐ ๐๐€๐’๐€๐ ๐๐Ž๐ ๐๐ˆ๐Ž๐‹๐Ž๐†๐ˆ๐’ ๐’๐„๐๐„๐‘๐“๐ˆ ๐Š๐„๐“๐”๐‘๐”๐๐€๐ ๐๐€๐’๐€๐ ๐๐ˆ๐Ž๐‹๐Ž๐†๐ˆ๐’

┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱• ⃟  ⃟ •เฆ‡เคน═─


✯͜͡❂⊱•⊰✯͜͡❂ ๐•ฐ๐–‰๐–Ž๐–˜๐–Ž ๐•ถ๐–Š๐–™๐–š๐–—๐–š๐–“๐–†๐–“ ๐•น๐–†๐–˜๐–†๐–‡ ๐•พ๐–Š๐–‡๐–†๐–‡ ๐•ธ๐–†๐–๐–†๐–‡๐–‡๐–†๐– ๐•ญ๐–Š๐–—๐–Œ๐–š๐–—๐–š ๐•ด๐–‘๐–’๐–š ๐•ฌ๐–™๐–†๐–š ๐•ฌ๐–’๐–†๐–‘ ๐•ฏ๐–†๐–“ ๐•พ๐–Š๐–‡๐–†๐–Œ๐–†๐–Ž๐–“๐–ž๐–†




*•⊰✿เงกৢ˚❁๐”ธ๐•ƒ โ„š๐•Œโ„'๐”ธโ„•


Allah Ta'ala berfirman dalam (QS Al Thur : 052/ 21):


ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ูˆَุงุชَّุจَุนَุชْู‡ُู…ْ ุฐُุฑِّูŠَّุชُู‡ُู…ْ ุจِุฅِูŠู…َุงู†ٍ ุฃَู„ْุญَู‚ْู†َุง ุจِู‡ِู…ْ ุฐُุฑِّูŠَّุชَู‡ُู…ْ ูˆَู…َุง ุฃَู„َุชْู†َุงู‡ُู…ْ ู…ِู†ْ ุนَู…َู„ِู‡ِู…ْ ู…ِู†ْ ุดَูŠْุกٍ ۚ ูƒُู„ُّ ุงู…ْุฑِุฆٍ ุจِู…َุง ูƒَุณَุจَ ุฑَู‡ِูŠู†


“Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam sorga), dan Kami tidak mengurangi sedikitpun pahala amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya.”



*•⊰✿เงกৢ˚Dalam ayat tersebut  ุฃَู„ْุญَู‚ْู†َุง ุจِู‡ِู…ْ ุฐُุฑِّูŠَّุชَู‡ُู…ْ Imam Ahmad Ibn Muhammad Al-Shawiy Al-Malikiy dalam kitabnya, Hasyiyyah Al Shawiy ‘Ala Tafsir Al Jalalain berkata:


ูˆุงู„ู…ุนู†ู‰: ุฃู† ุงู„ู…ุคู…ู† ุฅุฐุง ูƒุงู† ุนู…ู„ู‡ ุฃูƒุซุฑ، ุฃู„ุญู‚ ุจู‡ ู…ู† ุฏูˆู†ู‡ ููŠ ุงู„ุนู…ู„ ุฅุจู†ุงً ูƒุงู† ุฃูˆ ุฃุจุงً، ูˆูŠู„ุญู‚ ุจุงู„ุฐุฑูŠุฉ ู…ู† ุงู„ู†ุณุจ ุงู„ุฐุฑูŠุฉ ุจุงู„ุณุจุจ ูˆู‡ูˆ ุงู„ู…ุญุจุฉ، ูุฅู† ุญุตู„ ู…ุน ุงู„ู…ุญุจุฉ ุชุนู„ูŠู… ุนู„ู… ุฃูˆ ุนู…ู„، ูƒุงู† ุฃุญู‚ ุจุงู„ู„ุญูˆู‚ ูƒุงู„ุชู„ุงู…ุฐุฉ، ูุฅู†ู‡ู… ูŠุญู„ู‚ูˆู† ุจุฃุดูŠุงุฎู‡ู…، ูˆุฃุดูŠุงุฎ ุงู„ุฃุดูŠุงุฎ ูŠู„ุญู‚ูˆู† ุจุงู„ุฃุดูŠุงุฎ، ุฅู† ูƒุงู†ูˆุง ุฏูˆู†ู‡ู… ููŠ ุงู„ุนู…ู„، ูˆุงู„ุฃุตู„ ููŠ ุฐู„ูƒ ุนู…ูˆู… ู‚ูˆู„ู‡ -๏ทบ- : 


ุฅِุฐَุง ุฏَุฎَู„َ ุฃَู‡ْู„ُ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ุงู„ْุฌَู†َّุฉُ ุณَุฃَู„َ ุฃَุญَุฏُู‡ُู…ْ ุนَู†ْ ุฃَุจَูˆَูŠْู‡ِ ูˆَุนَู†ْ ุฒَูˆْุฌَุชِู‡ِ ูˆَูˆَู„َุฏِู‡ِ ูَูŠُู‚َุงู„ُ: ุฅِِู†َّู‡ُู…ْ ู„َู…ْ ูŠَุฏْุฑَูƒُูˆْุง ู…َุง ุฃَุฏْุฑَูƒْุชَ، ูَูŠَู‚ُูˆْู„ُ: ูŠَุง ุฑَุจِّ ุฅِู†ِّูŠْ ุนَู…َู„ْุชُ ู„ِูŠْ ูˆَู„َู‡ُู…ْ، ูَูŠُุคْู…َุฑُ ุจِุฅِู„ْุญَุงู‚ِู‡ِู…ْ ุจِู‡ِ.


Pengertian dari Ayat tersebut adalah: “Sesungguhnya orang Mukmin bila (pahala) amal perbuatannya lebih banyak, maka akan disamakan dengan orang yang (pahala) amal perbuatannya lebih sedikit baik itu Ayah atau Anak DAN DZURRIYYAH (KELUARGA) DARI HUBUNGAN NASAB (TALI KERABAT) DISAMAKAN dengan Dzurriyah (KELUARGA) KARENA SEBAB YAITU HUBUNGAN CINTA. Jika saja dalam belajar ilmu atau meniru amal perbuat baik disertai cinta (pada guru yang mengajarkannya), maka ia yang lebih berhak untuk disatukan dalam derajat di surga contohnya seperti para anak murid (santri). Mereka akan mengikuti para gurunya. Sedangkan para gurunya guru akan disatukan dengan para gurunya meskipun amal perbuatannya berada di bawah mereka. Dasar dalilnya adalah keumuman sabda  Nabi -๏ทบ-:


“Ketika ahli surga telah masuk ke dalam surga, salah satu dari mereka bertanya tentang Ayah, istri dan dan anaknya. Lalu dikatakan pada mereka: “Mereka (tertinggal) tidak bisa mencapai apa yang kamu peroleh”. Lantas ia berdoa: “Duhai Tuhanku! Sesungguhnya aku mengerjakan amal perbuatan baik untukku dan untuk mereka”. Kemudian diperintahkan agar mereka disamakan dengannya.” Selesai.



*•⊰✿เงกৢ˚❁ ๐”ธ๐•ƒ โ„๐”ธ๐”ป๐•€๐•‹๐•Š


❁˚เงก✿⊱•Riwayat Hadits Tentang Dzurriyyah Nasab Sebab Mahabbah Kecintaan:


ุญَุฏَّุซَู†َุง ูŠَุญْูŠَู‰ ุจْู†ُ ุขุฏَู…َ ุญَุฏَّุซَู†َุง ุณُูْูŠَุงู†ُ ุนَู†ْ ุนَุงุตِู…ٍ ุนَู†ْ ุฒِุฑِّ ุจْู†ِ ุญُุจَูŠْุดٍ ู‚َุงู„َ : ุฃَุชَูŠْุชُ ุตَูْูˆَุงู†َ ุจْู†َ ุนَุณَّุงู„ٍ ุงู„ْู…ُุฑَุงุฏِูŠَّ ูَุณَุฃَู„ْุชُู‡ُ ุนَู†ْ ุงู„ْู…َุณْุญِ ุนَู„َู‰ ุงู„ْุฎُูَّูŠْู†ِ ูَู‚َุงู„َ : ูƒُู†َّุง ู†َูƒُูˆู†ُ ู…َุนَ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ -๏ทบ-ูَูŠَุฃْู…ُุฑُู†َุง ุฃَู†ْ ู„َุง ู†َู†ْุฒِุนَ ุฎِูَุงูَู†َุง ุซَู„َุงุซَุฉَ ุฃَูŠَّุงู…ٍ ุฅِู„َّุง ู…ِู†ْ ุฌَู†َุงุจَุฉٍ ูˆَู„َูƒِู†ْ ู…ِู†ْ ุบَุงุฆِุทٍ ูˆَุจَูˆْู„ٍ ูˆَู†َูˆْู…ٍ ูˆَุฌَุงุกَ ุฃَุนْุฑَุงุจِูŠٌّ ุฌَู‡ْูˆَุฑِูŠُّ ุงู„ุตَّูˆْุชِ ูَู‚َุงู„َ : ูŠَุง ู…ُุญَู…َّุฏُ ุงู„ุฑَّุฌُู„ُ ูŠُุญِุจُّ ุงู„ْู‚َูˆْู…َ ูˆَู„َู…َّุง ูŠَู„ْุญَู‚ْ ุจِู‡ِู…ْ؟ ูَู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ -๏ทบ- : 


«ุงู„ْู…َุฑْุกُ ู…َุนَ ู…َู†ْ ุฃَุญَุจَّ»

[ุฑูˆุงู‡ ุฃุญู…ุฏ /  ู…ุณู†ุฏ ุงู„ูƒูˆููŠูŠู† / ุญุฏูŠุซ ุตููˆุงู† ุจู† ุนุณุงู„ ุงู„ู…ุฑุงุฏูŠ / ุฑู‚ู… ุงู„ุญุฏูŠุซ: ูกูจู ูฉูก. ุญุฏูŠุซ ุตุญูŠุญ ู„ุบูŠุฑู‡، ูˆู‡ุฐุง ุฅุณู†ุงุฏ ุญุณู†].


Telah menceritakan kepada kami : Yahya bin Adam.  Telah menceritakan kepada kami : Sufyan. Dari 'Ashim. Dari Zir bin Hubaisy, ia berkata : "Saya mendatangi [Shafwan bin Assal Al Muradi], lalu saya bertanya kepadanya tentang hukum mengusap sepatu, maka ia pun menjawab :  "Kami pernah bersama Rasulullah -๏ทบ-,  beliau memerintahkan kami untuk tidak melepas sepatu kami selama tiga hari kecuali karena sebab junub, dan kami dibolehkan (untuk melepasnya) saat buang air besar, kencing, atau karena tidur. Kemudian datanglah seorang Arab dusun yang bersuara keras bertanya : "Wahai Muhamamd, bagaimanah jika seorang laki-laki yang mencintai suatu kaum, namun ia belum berjumpa dengan mereka?" beliau menjawab: 


"Orang itu akan bersama orang yang dicintainya."

[HR. Ahmad No. 18091. Hadits Shahih Lighairih Dan Isnadnya Hasan] 


❁˚เงก✿⊱•Riwayat Hadits Yang Senada:


 ู‚ُุชَูŠْุจَุฉُ ุจْู†ُ ุณَุนِูŠุฏٍ ุญَุฏَّุซَู†َุง ุฌَุฑِูŠุฑٌ ุนَู†ْ ุงู„ْุฃَุนْู…َุดِ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ูˆَุงุฆِู„ٍ ู‚َุงู„َ ู‚َุงู„َ ุนَุจْุฏُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจْู†ُ ู…َุณْุนُูˆุฏٍ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ : ุฌَุงุกَ ุฑَุฌُู„ٌ ุฅِู„َู‰ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ -๏ทบ- ูَู‚َุงู„َ:  ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูƒَูŠْูَ ุชَู‚ُูˆู„ُ ูِูŠ ุฑَุฌُู„ٍ ุฃَุญَุจَّ ู‚َูˆْู…ًุง ูˆَู„َู…ْ ูŠَู„ْุญَู‚ْ ุจِู‡ِู…ْ؟ ูَู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ -๏ทบ-: 


«ุงู„ْู…َุฑْุกُ ู…َุนَ ู…َู†ْ ุฃَุญَุจَّ» 


ุชَุงุจَุนَู‡ُ ุฌَุฑِูŠุฑُ ุจْู†ُ ุญَุงุฒِู…ٍ ูˆَุณُู„َูŠْู…َุงู†ُ ุจْู†ُ ู‚َุฑْู…ٍ ูˆَุฃَุจُูˆ ุนَูˆَุงู†َุฉَ ุนَู†ْ ุงู„ْุฃَุนْู…َุดِ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ูˆَุงุฆِู„ٍ ุนَู†ْ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุนَู†ْ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ -๏ทบ-.

[ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ / ูƒุชุงุจ ุงู„ุฃุฏุจ / ุจุงุจ ุนู„ุงู…ุฉ ุญุจ ุงู„ู„ู‡ / ุฑู‚ู… ุงู„ุญุฏูŠุซ: ูฆูกูฆูฉ].


Dari Abdullah bin Mas'ud radliyaAllahu 'anhu, beliau  berkata; "Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah -๏ทบ- seraya bertanya; "Wahai Rasulullah, bagaimana anda mengatakan mengenai seseorang yang mencintai suatu kaum, namun dia sendiri belum pernah bertemu dengan kaum tersebut?" Maka Rasulullah -๏ทบ- bersabda: 


"Seseorang akan bersama dengan yang di cintainya." Hadits ini juga diperkuat oleh [Jarir bin Hazim] dan [Sulaiman bin Qarm] serta [Abu 'Awanah] dari [Al A'masy] dari [Abu Wa`il] dari [Abdullah] dari Nabi -๏ทบ-.

[HR. Bukhariy No. 6169] 


❁˚เงก✿⊱•Riwayat Hadits Yang Senada Dari Kasus Yang Berbeda Menasabkan Dengan Keislaman Atau Keimanan : 


ุญَุฏَّุซَู†َุง ุนَู„ِูŠُّ ุจْู†ُ ุญَู…ْุดَุงุฐَ ุงู„ْุนَุฏْู„ُ ، ุซَู†َุง ุฅِุณْู…َุงุนِูŠู„ُ ุจْู†ُ ุฅِุณْุญَุงู‚َ ุงู„ْู‚َุงุถِูŠ ، ุซَู†َุง ุฅِุจْุฑَุงู‡ِูŠู…ُ ุจْู†ُ ุงู„ْู…ُู†ْุฐِุฑِ ุงู„ْุญِุฒَุงู…ِูŠُّ ، ูˆَุฅِุณْู…َุงุนِูŠู„ُ ุจْู†ُ ุฃَุจِูŠ ุฃُูˆَูŠْุณٍ ، ู‚َุงู„َุง : ุซَู†َุง ุงุจْู†ُ ุฃَุจِูŠ ูُุฏَูŠْูƒٍ ، ุนَู†ْ ูƒَุซِูŠุฑِ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ْู…ُุฒَู†ِูŠِّ ، ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠู‡ِ ، ุนَู†ْ ุฌَุฏِّู‡ِ : 


ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุขู„ِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฎَุทَّ ุงู„ْุฎَู†ْุฏَู‚َ ุนَุงู…َ ุญَุฑْุจِ ุงู„ْุฃَุญْุฒَุงุจِ ุญَุชَّู‰ ุจَู„َุบَ ุงู„ْู…َุฐَุงุญِุฌَ ، ูَู‚َุทَุนَ ู„ِูƒُู„ِّ ุนَุดْุฑَุฉٍ ุฃَุฑْุจَุนِูŠู†َ ุฐِุฑَุงุนًุง ูَุงุญْุชَุฌَّ ุงู„ْู…ُู‡َุงุฌِุฑُูˆู†َ : ุณَู„ْู…َุงู†ُ ู…ِู†َّุง ، ูˆَู‚َุงู„َุชِ ุงู„ْุฃَู†ْุตَุงุฑُ : ุณَู„ْู…َุงู†ُ ู…ِู†َّุง ، ูَู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุขู„ِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ : 


«ุณَู„ْู…َุงู†ُ ู…ِู†َّุง ุฃَู‡ْู„َ ุงู„ْุจَูŠْุชِ».

[ุฑูˆุงู‡ ุญุงูƒู… ููŠ ู…ุณุชุฏุฑูƒู‡ ูˆุงู„ู„ูุธ ู„ู‡ / ูƒุชุงุจ ู…ุนุฑูุฉ ุงู„ุตุญุงุจุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡ู… / ุฐูƒุฑ ุณู„ู…ุงู† ุงู„ูุงุฑุณูŠ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ / ุฑู‚ู… ุงู„ุญุฏูŠุซ : ูฆูฆู ู . ูˆุฃุจูˆ ู†ุนูŠู… ููŠ ู…ุนุฑูุฉ ุงู„ุตุญุงุจุฉ. ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู‡ูŠุซู…ูŠ ููŠ ุงู„ู…ุฌู…ุน (6/130) : ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ ูˆููŠู‡ ูƒุซูŠุฑ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ู…ุฒู†ูŠ ูˆู‚ุฏ ุถุนูู‡ ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ูˆุญุณู† ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ุญุฏูŠุซู‡، ูˆุจู‚ูŠุฉ ุฑุฌุงู„ู‡ ุซู‚ุงุช .ุง.ู‡ู€. ูุงู„ุฑุงุฌุญ ุฃู†ู‡ ู…ู† ูƒู„ุงู… ุนู„ูŠ ุจู† ุฃุจูŠ ุทุงู„ุจ ู„ุง ู…ู† ูƒู„ุงู… ุงู„ู†ุจูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู…].


Dari Katsir bin Abdullah Al-Muzaniy. Dari ayahnya. Dari kakeknya: 


Rasulullah -semoga Allah memberkati dia dan keluarganya dan memberi mereka kedamaian-, menandai garis parit pada tahun perang Ahzab  hingga mencapai Al-Madhahij, kemudian beliau  memastikan untuk setiap 10 orang 40 hasta, Kaum  Muhajirin berkata: Salman berasal dari kami, dan kaum Ansar berkata: Salman berasal dari kami, maka Rasulullah -semoga Tuhan memberkati dia dan keluarganya dan memberi mereka kedamaian-, bersabda: 


“Salman adalah salah satu keluarga kami.”

[Diceritakan oleh Hakim dalam Mustadraknya  Hadis No.: 6600. Dan Abu Naim Dalam Ma'rifatu Ash Shahabah. Al-Haitsamiy  berkata dalam Al-Majma' (6/130): Diriwayatkan Oleh Al-tabaraniy Dan Didalamnya Terdapat Katsir Bin Abdullah Al-muzani. Mayoritas Menganggapnya Lemah, Dan Al-Tirmidzi MENGGOLONGKAN HADITSNYA HASAN, Perawi Perawinya Dapat Dipercaya. Dan Yang Rajih Itu Dari Perkataan Ali Bin Abi Thalib, Bukan Dari Sabda Nabi Muhammad -๏ทบ-].


❁˚เงก✿⊱•Berkata Imam Abu Nu'aim Al Ashbahaniy dalam Kitabnya Ma'rifatu Ash Shahabah (Juz. 3 Hal. 1427) :


ุณَู„ْู…َุงู†ُ ุงู„ْูَุงุฑِุณِูŠُّ ุฃَุจُูˆ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ : ุงู†ْุชَุณَุจَ ุฅِู„َู‰ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ ูَู‚َุงู„َ : ุณَู„ْู…َุงู†ُ ุจْู†ُ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ ، ุณَุงุจِู‚ُ ุฃَู‡ْู„ِ ูَุงุฑِุณَ ูˆَุฃَุตْุจَู‡َุงู†َ ุฅِู„َู‰ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ ، ูˆَู‚ِูŠู„َ : ูƒَุงู†َ ุงุณْู…ُู‡ُ ู‚َุจْู„َ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ ู…َุงุจَู‡ُ ุจْู†ُ ุจُูˆุฏَุฎْุดَุงู†َ ุจْู†ِ ู…ُูˆุฑْุณَู„َุงู†َ ุจْู†ِ ุจَู‡ْุจُูˆุฐَุงู†َ ุจْู†ِ ูَูŠْุฑُูˆุฒَ ุจْู†ِ ุดَู‡ْุฑَูƒَ ، ู…ِู†ْ ูˆَู„َุฏِ ุขุจَ ุงู„ْู…َู„ِูƒِ ، ูˆَูƒَุงู†َ ู…َุฌُูˆุณِูŠًّุง ู‚َุงุทِู†َ ุงู„ู†َّุงุฑِ ، ุฃَุณْู„َู…َ ู…َู‚ْุฏَู…َ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุงู„ْู…َุฏِูŠู†َุฉَ ، ูˆَู‚ِูŠู„َ : ุฃَุณْู„َู…َ ุจِู…َูƒَّุฉَ ู‚َุจْู„َ ุงู„ْู‡ِุฌْุฑَุฉِ ،

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ู…ุนุฑูุฉ ุงู„ุตุญุงุจุฉ : (ุฌ ูฃ ุต ูกูฃูขูง/ /  ุณู„ู…ุงู† ุงู„ูุงุฑุณูŠ ุฃุจูˆ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡: ุงู†ุชุณุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ... / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุจูˆ ู†ุนูŠู… ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุฅุณุญุงู‚ ุจู† ู…ูˆุณู‰ ุจู† ู…ู‡ุฑุงู† ุงู„ุฃุตุจู‡ุงู†ูŠ (ุช ูคูฃู ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูˆุทู† ู„ู„ู†ุดุฑ، ุงู„ุฑูŠุงุถ، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰ ูกูคูกูฉ ู‡ู€ - ูกูฉูฉูจ ู…ู€].


Salman Al -Farisiy Abu Abdullah: Dia dinasabkan kepada Islam, maka dia  berkata: Salman Bin Al -Aslam. Dan dikatakan namanya  sebelum Islam adalah : Mabah ibn Budaksyaan ibn Mursalaan ibn Bahbudzan ibn Fairuz ibn Syahrak, dari putra Abal Malik, seorang Majusi  orang yang mendiami api ๐Ÿ”ฅ, dia masuk Islam dihadapan  Rasulullah, -semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian-, dia masuk Islam di Madinah, dan dikatakan: Dia masuk Islam di Mekah sebelum Hijrah. Selesai.


❁˚เงก✿⊱•Wisam bin Ahmad :


ูŠุนู†ูŠ ุฃู† ุงู„ุนุจุฑุฉ ู„ูŠุณ ุจุงู„ู†ุณุจ ุงู„ุฃุฎูˆุฉ ุงู„ุญู‚ูŠู‚ูŠุฉ ู‡ูŠ ุงู„ุฃุฎูˆุฉ ุงู„ุฅูŠู…ุงู†ูŠุฉ


Artinya  persoalannya bukan dengan  nasab persaudaraan yang hakiki, itu adalah  persaudaraan seiman. Selesai.



*•⊰✿เงกৢ˚❁๐”ธโ„š๐•Ž๐”ธ๐•ƒ๐•Œ๐•ƒ ๐•Œ๐•ƒ๐”ธ๐•„๐”ธ'


Kata ‘DZURRIYAH’ dalam arti yang luas bisa terjadi  karena faktor nasab (biologis), yang disamakan dengan ‘keturunan karena sebab (faktor lain), yaitu mahabbah kecintaan, lebih tepatnya kecintaaan atau mahabbah  tersebut disertai dengan berguru ilmu atau amal, maka keturunan karena ilmu seperti keturunan secara biologis.


❁˚เงก✿⊱•Sebagaimana disampaikan beberapa ahli Tafsir, diantaranya Syaikh Burhanuddin Al-Biqa’i, Syaikh Al-Syirbini Asy Syafi'iy, dan Syaikh Nawawi Al-Bantani Asy Syafi'iy:


ูˆَูŠُู„ْุญَู‚ُ ุจِุงู„ุฐُّุฑِّูŠَุฉِ ู…ِู†َ ุงู„ู†َุณَุจِ ุงู„ุฐُّุฑِّูŠَุฉُ ุจِุงู„ุณَّุจَุจِ ูˆَู‡ُูˆَ ุงู„ْู…َุญَุจَّุฉُ ، ูَุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ู…َุนَู‡َุง ุขุฎِุฐٌ ู„ِุนِู„ْู…ٍ ุฃَูˆْ ุนَู…َู„ٍ ูƒَุงู†َุชْ ุฃَุฌْุฏَุฑَ ، ูَุชَูƒُูˆْู†ُ ุฐُุฑِّูŠَุฉُ ุงู„ْุฅِูَุงุฏَุฉِ ูƒَุฐُุฑِّูŠَّุฉِ ุงู„ْูˆِู„َุงุฏَุฉِ ، ูˆَุฐَู„ِูƒَ ู„ِู‚َูˆْู„ِ ุงู„ู†َّุจِูŠ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุงู„ْู…َุฑْุกُ ู…َุนَ ู…َู†ْ ุฃَุญَุจَّ ูِูŠ ุฌَูˆَุงุจِ ู…َู†ْ ุณَุฃَู„َ ุนَู…َّู†ْ ูŠُุญِุจُّ ุงู„ْู‚َูˆْู…َ ูˆَู„َู…ْ ูŠَู„ْุญَู‚ْ ุจِู‡ِู…ْ . 

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ู†ุธู… ุงู„ุฏุฑุฑ ููŠ ุชู†ุงุณุจ ุงู„ุขูŠุงุช ูˆุงู„ุณูˆุฑ : (ุฌ ูกูฉ ุต ูกูฅ) / ุงู„ุทูˆุฑ / ูกูง / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ุจู† ุนู…ุฑ ุจู† ุญุณู† ุงู„ุฑุจุงุท ุจู† ุนู„ูŠ ุจู† ุฃุจูŠ ุจูƒุฑ ุงู„ุจู‚ุงุนูŠ (ุช ูจูจูฅู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุงุจ ุงู„ุฅุณู„ุงู…ูŠ، ุงู„ู‚ุงู‡ุฑุฉ، ุจุฏูˆู† ุงู„ุณู†ุฉ. ูˆุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ุณุฑุงุฌ ุงู„ู…ู†ูŠุฑ ููŠ ุงู„ุฅุนุงู†ุฉ ุนู„ู‰ ู…ุนุฑูุฉ ุจุนุถ ู…ุนุงู†ูŠ ูƒู„ุงู… ุฑุจู†ุง ุงู„ุญูƒูŠู… ุงู„ุฎุจูŠุฑ : (ุฌ ูค ุต ูกูกูค) / ุณูˆุฑุฉ ุงู„ุทูˆุฑ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุดู…ุณ ุงู„ุฏูŠู†، ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุงู„ุฎุทูŠุจ ุงู„ุดุฑุจูŠู†ูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูฉูงูงู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ู…ุทุจุนุฉ ุจูˆู„ุงู‚ (ุงู„ุฃู…ูŠุฑูŠุฉ) - ุงู„ู‚ุงู‡ุฑุฉ، ุนุงู… ุงู„ู†ุดุฑ: ูกูขูจูฅ ู‡ู€. ูˆู…ุฑุงุญ ู„ุจูŠุฏ ู„ูƒุดู ู…ุนู†ู‰ ุงู„ู‚ุฑุขู† ู…ุฌูŠูŠุฏ - (2 / 459). ู„ู„ุดูŠุฎ ู…ุญู…ุฏ ู†ูˆูˆูŠ ุจู† ุนู…ุฑ ุงู„ุจู†ุชู†ูŠ ุงู„ุฌุงูˆูŠ  ุงู„ุงู†ุฏูˆู†ูŠุณูŠ].


“Keturunan karena faktor nasab disamakan pula ‘keturunan karena sebab atau faktor lain’, yaitu kecintaan. Jika rasa cinta tersebut disertai dengan berguru ilmu atau amal, maka lebih tepat. Maka keturunan karena ilmu seperti keturunan secara biologis. Hal ini berdasarkan sabda Nabi -๏ทบ-: “Seseorang akan bersama orang yang ia cintai” (HR. Al-Bukhari dan Muslim), sebagai jawaban dari pertanyaan seorang laki-laki yang mencintai suatu kaum, namun ia belum berjumpa dengan mereka.” Selesai.

[Lihat Kitab Tafsir Nadzmu al-Durar (Juz. 19 Hal. 15). Karya Syaikh Burhanuddin Al Baqa'iy. Dan Tafsir al-Siraj al-Munir (Juz. 4 Hal. 114). Karya Syaikh Khathib Asy  Syirbiniy Asy Syafi'iy. Dan Kitab Murah Labid (Juz. 2 Hal. 459. Karya Syaikh An Nawawiy Al Bantaniy Al Jawiy Al Indonisiy].



❁˚เงก✿⊱•secara otomatis orang yang mempunyai hubungan guru murid pasti akan mengikuti sorga gurunya, sedangkan gurunya akan mengikuti sorga gurunya meskipun gurunya mempunyai derajat amal yang lebih rendah. Hal ini dijelaskan oleh Imam Ash Shawiy Al Malikiy dalam kitabnya Hasyiyyah Ash Shawiy 'Ala Tafsir Jalalain : 


ูุงู† ุญุตู„ ู…ุน ุงู„ู…ุญุจุฉ ุชุนู„ูŠู… ุนู„ู… ุงูˆ ุนู…ู„, ูƒุงู† ุงุญู‚ ุจุงู„ู„ุญูˆู‚ ูƒุงู„ุชู„ุงู…ุฐุฉ, ูุงู†ู‡ู… ูŠู„ุญู‚ูˆู† ุจุฃุดูŠุงุฎู‡ู…, ูˆุฃุดูŠุงุฎ ุงู„ุฃุดูŠุงุฎ ูŠู„ุญู‚ูˆู† ุจุงู„ุฃุดูŠุงุฎ, ุงู† ูƒุงู†ูˆุง ุฏูˆู†ู‡ู… ููŠ ุงู„ุนู…ู„


ูˆุงู„ุฃุตู„ ููŠ ุฐู„ูƒ ุนู…ูˆู… ู‚ูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ุงุฐุง ุฏุฎู„ ุงู‡ู„ ุงู„ุฌู†ุฉ ุงู„ุฌู†ุฉ ุณุฃู„ ุงุญุฏ ู‡ู… ุนู† ุงุจูˆูŠู‡ ูˆ ุนู† ุฒูˆุฌุชู‡ ูˆูˆู„ุฏู‡ ููŠู‚ุงู„: ุงู†ู‡ู… ู„ู… ูŠุฏุฑูƒูˆุง ู…ุง ุงุฏุฑูƒุช, ููŠู‚ูˆู„: ูŠุง ุฑุจ ุงู†ูŠ ุนู…ู„ุช ู„ูŠ ูˆ ู„ู‡ู…, ููŠุคู…ุฑ ุจุฅู„ุญุงู‚ู‡ู… ุจู‡.



“Andai saja karena cinta orang akan ikut mengajarkan ajarannya, maka yang lebih berhak untuk ikut sama dalam derajat sorganya itu seperti halnya anak murid. Mereka akan mengikuti gurunya. Sedangkan gurunya guru akan disatukan dengan gurunya lagi meskipun amalnya berada di bawahnya.”


Tendensi keterangan di atas adalah sesuai petunjuk umumnya sabda Nabi Muhammad SAW “ketika ahli surga masuk ke dalam sorga, di antara mereka ada yang menanyakan tentang orang keadaan tuanya, istrinya, dan anaknya. Dikatakan, sesungguhnya mereka tidak menemukan apa yang kamu dapatkan. Ia berkata :Duhai Tuhan, sesungguhnya aku beramal untukku dan untuk mereka. maka diperintahkanlah mereka untuk dipertemukan. Selesai.



❁˚เงก✿⊱•Al 'Alamah Muhammad Shadiq Khan Adz Dzohiriy berkata dalam Kitabnya Fathu Al Bayan Fi Maqoshidi Al Qur'an (Juz. 13 Hal. 225): 


(ุฃู„ุญู‚ู†ุง ุจู‡ู… ุฐุฑูŠุชู‡ู…) ุงู„ุฐุฑูŠุฉ ู‡ู†ุง ุชุตุฏู‚ ุนู„ู‰ ุงู„ุขุจุงุก ูˆุนู„ู‰ ุงู„ุฃุจู†ุงุก ูุฅู† ุงู„ู…ุคู…ู† ุฅุฐุง ูƒุงู† ุนู…ู„ู‡ ุฃูƒุซุฑ ุฃู„ุญู‚ ุจู‡ ู…ู† ุฏูˆู†ู‡ ููŠ ุงู„ุนู…ู„، ุงุจู†ุงً ูƒุงู† ุฃูˆ ุฃุจุงً، ูˆู‡ูˆ ู…ู†ู‚ูˆู„ ุนู† ุงุจู† ุนุจุงุณ ูˆุบูŠุฑู‡،

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ูุชุญُ ุงู„ุจูŠุงู† ููŠ ู…ู‚ุงุตุฏ ุงู„ู‚ุฑุขู† : (ุฌ ูกูฃ ุต ูขูขูฅ) / ุณูˆุฑุฉ ุงู„ุทูˆุฑ / ูขูก / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุจูˆ ุงู„ุทูŠุจ ู…ุญู…ุฏ ุตุฏูŠู‚ ุฎุงู† ุจู† ุญุณู† ุจู† ุนู„ูŠ ุงุจู† ู„ุทู ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุญุณูŠู†ูŠ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ุงู„ู‚ِู†َّูˆุฌูŠ (ุช ูกูฃู ูงู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุงู„ู…َูƒุชุจุฉ ุงู„ุนุตุฑูŠَّุฉ ู„ู„ุทุจَุงุนุฉ ูˆุงู„ู†ّุดْุฑ، ุตَูŠุฏَุง - ุจَูŠุฑูˆุช، ุนุงู… ุงู„ู†ุดุฑ: ูกูคูกูข ู‡ู€ - ูกูฉูฉูข ู…ู€].


(Kami tambahkan kepada mereka keturunan mereka) Keturunan di sini mengkonfirmasikan kepada bapak-bapak dan kepada anak-anak, jika pekerjaan seorang mukmin lebih besar, maka dia akan disetarakan dari  orang yang lebih rendah darinya dalam pekerjaan itu, baik dia anak anak atau seorang bapak bapak. Hal ini diriwayatkan dari Ibnu Abbas dan lain-lain. Selesai.


❁˚เงก✿⊱•••*KESIMPULANNYA, orang di sorga akan dikumpulkan dengan keluarga mereka di mana antara mereka yang paling tinggi sorganya. DZURIYYAH (KELUARGA) YANG DIMAKSUD bisa karena nasab (biologis) meliputi ayah-ibu ke atas, atau ke bawah dan juga bisa karena sebab (non biologis)  meliputi orang yang mencintai terlebih dari orang yang mempunyai hubungan murid kepada gurunya dan gurunya guru sampai ke atas. Selesai.



✯͜͡❂⊱•ุฃَู„ุญَู…ْุฏُ ู„ِู„ّู€ู‡ِ ุงู„َّุฐِูŠْ ุจِู†ِุนْู…َุชِู‡ِ ุชَุชُู…ُّ ุงู„ุตّุงู„ِุญَุงุชُ✯͜͡❂⊱• 


•._.••´¯``•.¸¸.•`   ๐ŸŽ€  ะบัฮฑ∂ั”ฮทฮฑฮท ั•ั”โ„“ฮฑั‚ฮฑฮท 

ั•ัฯ…ะผะฒฯ…ฮทg

ะผฮฑgั”โ„“ฮฑฮทg

 ๐ŸŽ€   `•.¸¸.•``¯´••._.•


 ูขูก ุฐูˆ ุงู„ู‚ุนุฏุฉ ูกูคูคูฅ ู‡‍ู€

30 ะผั”ฮน 2024 ะผ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (8) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BAGAIMANAPUN BENTUKNYA VAGINA RASANYA TUNGGAL (1) BAHASA ALAM AKHIRAT (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH MEMINTA BANTUAN ATAU PERTOLONGAN JIN MALAIKAT DAN RUH PARA NABI WALI DAN SHOLIHIN (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) Boleh Memuji Atau Menyebut Keahlian Diri Sendiri Untuk Promosi Bukan Untuk Kesombongan Atau Pamer (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI DAN BATASAN YATIM MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA KHUSUS (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DSB) (1) DURHAKA (1) Diantara Pro Dan Kontra Mensholati Jenazah Yang Berada Didalam Keranda Atau Peti Mati Yang Dipaku Atau Digembok (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAHARU (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) Hukum Bermakmum Dibelakang Imam Yang Tidak Semadzhab (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) ILMU MUKASYAFAH (WERUH SAK DURUNGE WINARAH) (1) IMAM ABU DAWUD MASUK SURGA GARA GARA MENJAWAB ORANG BERSIN DAN IMAM GHOZALI GARA GARA SEEKOR LALAT (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) INOVASI BID'AH OLEH ULAMA' YANG DITUDUH MEMBID'AH BID'AHKAN (1) ISLAM (1) ISTRI GALAK ADALAH GURU MENJADI WALI ALLAH (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KAJIAN TINGKEPAN NGAPATI MITONI KEHAMILAN (1) KAPAN ISTRI DAPAT MENGGUNAKAN HARTA DALAM RUMAH SUAMI? (1) KEBERKAHAN KEBERKAHAN MERAYAKAN MAULID NABI (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TABKHIR EMBAKAR DUPA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KETIKA HAJAT TERCAPAI SEMBELIHLAH SYAHWAT DAN MENDEKATLAH KEPADA ALLAH (1) KETIKA ORANG ALIM SAMA DENGAN ANJING (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KIFAROT (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KUFUR AKIBAT MENCELA NASAB KETURUNAN (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) Kapan Istri Boleh Mengalokasikan Harta Gono Gini Atau Harta Pribadi Suami (1) Kasih Sayang Dan Menyejukkan Hati Dalam Sholat (1) Keirian Nabi -๏ทบ-Yang Beliau Tidak Mengharapkan Ditanyakan Kepada Allah (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMBELI KITAB ULAMA' MENARIK RIZQI DAN KEKAYAAN (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ๏ทบ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MENUTUPI AIB ORANG LAIN DAN MEMANDANG KASIH SAYANG KEPADA PELAKU MAKSIAT DAN DOSA (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) Membungkuk Rukuk Mencium Lantai Sujud Kepada Makhluk (1) Mencaci Mayyit Dapat Menyakiti Kerabatnya Yang Masih Hidup Dan Dapat Menimbulkan Keburukan Keburukan (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENGHUNI KUBUR SURGA ATAUPUN NERAKA (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PESAN MBAH HAMID PASURUAN TENTANG KEHIDUPAN (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA QODLO' (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) Paparan Syuyukh Guru Guru Murobbi Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy) (1) QISHOH ISLAMI (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SAYYID MUHAMMAD ALAWIY AL MALIKIY AL HASANIY KAYA RAYA NAMUN TETAP ZUHUD (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SEMBELIHAN (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SHOLAT REBO WEKASAN DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) SILATURRAHMI SESAMA ARWAH (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) Sedekah Boleh Dibelanjakan Sesuai Keinginan Selama Pemberi Tidak Menentukan Gunanya (1) Semua Yang Diperbolehkan Oleh Allah Adalan Sunnah Rasulullah -๏ทบ- (1) Silsilah Nasab Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAHALLUL CUKUR GUNDUL ATAU POTONG RAMBUT SELESAI HAJI DAN UMROH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TIDAK PERLU TEST DNA SEBAGAI BUKTI DZURRIYYAH NABI -๏ทบ- (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) WAJIB NIAT MASUK WAKTU MAGHRIB HINGGA SEBELUM SUBUH (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top